astra motor bali, safety riding, tanjakan

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

Tips Cari Aman Berkendara di Jalan Tanjakan

Astra Motor Bagikan Tips Cari_Aman yang Wajib Diketahui saat Berkendara di Jalan Tanjakan

Berkendara di jalan raya tidak selalu berjalan lurus, terkadang melewati jalan tikungan, turunan, dan tanjakan. Berkendara di jalan tanjakan selalu mendapat perhatian yang lebih khusus karena tidak hanya menuntut peningkatan kewaspadaan, tetapi juga keterampilan untuk mengontrol kendaraan. Untuk pengendara pemula, jalan tanjakan bisa menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mengendalikan kendaraan hingga aman melewatinya dan menghindari resiko terjadinya kecelakaan.

Dalam artikel ini, Astra Motor Bali akan membagikan beberapa tips #Cari_Aman saat berkendara di jalan tanjakan yang dapat diikuti oleh pengendara baik itu pemula maupun pengendara yang sudah lama berkendara.

Kunci Sukses Berkendara di Jalan Tanjakan

Berkendara di jalan tanjakan memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi karena medan yang dilalui cukup berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik. Berikut adalah tips #Cari_Aman yang dapat dijadikan kunci sukses berkendara di jalan tanjakan.

1. Kendalikan Kendaraan dengan Baik

Saat hendak berkendara menanjak, penting untuk fokus mengendalikan kecepatan stabil dan ideal. Jangan terlalu lambat di awal dan jangan terlalu cepat pula. Kecepatan yang tepat akan membantu kendaraan untuk bergerak secara mulus dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

2. Aktifkan Rem Belakang

Jika kendaraan berhenti di tengah tanjakan, gunakan rem belakang lebih kuat saat motor diam agar motor tidak merosot. Hal ini akan membantu mengontrol kendaraan dan menghindari kecelakaan.

3. Jaga Keseimbangan Tubuh

Saat berkendara di tanjakan, penting untuk memutar gas perlahan bersamaan dengan melepas rem. Selain itu, jangan lupa untuk membungkukkan badan sedikit ke depan untuk menstabilkan tubuh. Hal ini akan membantu kendaraan bergerak secara lancar dan stabil.

Pentingnya Konsentrasi dan Teknik Berkendara yang Tepat

Menurut Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius, berkendara dalam kondisi apa pun membutuhkan konsentrasi dan teknik yang tepat. Setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara agar mampu menghadapi medan jalan.

Hal ini diperlukan guna menjaga keselamatan pengendara dan sekitar serta dapat menerapkan etika #Cari_Aman dalam berkendara di jalan.

Pentingnya Atribut Keselamatan Berkendara

Selain teknik dan konsentrasi, penting juga untuk menggunakan atribut keselamatan berkendara diantaranya jaket, helm, sarung tangan, dan sepatu sesuai dengan prosedur safety riding. Dengan mengikuti tips #Cari_Aman saat berkendara di jalan tanjakan yang nyaman, pengendara dapat meningkatkan keterampilan dan keamanan dalam berkendara. Mari kita jadikan keselamatan dalam berkendara sebagai prioritas utama agar kita semua dapat terhindar dari resiko kecelakaan.