AHASS

text.skipToContent text.skipToNavigation
cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

AHASS

Layanan Servis
Ayo nikmati layanan servis yang diberikan oleh Astra Motor untuk kebutuhan motor kamu, di sini juga bisa pilih untuk booking di AHASS yang terdekat dengan daerah kamu

Pesan Servis Motor

General Repair (GR) di bengkel AHASS merupakan layanan purna jual dari Astra Motor yang menawarkan jasa perbaikan berupa servis perawatan berkala maupun pekerjaan perbaikan umum berkaitan dengan mesin, sasis/ kerangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh tipe/ model Honda. Layanan General Repair (GR) mengedepankan kepuasan pelanggan dengan terus menjaga kualitas, biaya, serta lead time pengerjaan.
Artikel menarik untuk Servis

4 Tips Berhemat BBM dengan ECO Riding

Berikut ini adalah 4 Tips agar lebih hemat BBM:

  1. Berhemat BBM dengan ECO Riding.
  2. Memanfaatkan Fitur Eco Indicator.
  3. Servis Secara Berkala.
  4. Tidak Memodifikasi Berlebihan.

Selengkapnya, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Berhemat BBM dengan ECO Riding

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, pengendara sepeda motor dituntut untuk bisa melakukan penghematan, termasuk upaya penghematan penggunaan BBM pada kendaraan harian.

Teknik berkendara Eco Riding akan membantu upaya pengendara sepeda motor dalam melakukan penghematan bahan bakar. Dalam penerapannya, banyak manfaat yang didapat oleh pengendara sepeda motor. Selain mampu menekan angka konsumsi bahan bakar, juga berpengaruh pada pelestarian lingkungan hidup.

Eco Riding merupakan cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Penerapan teknik Eco Riding juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang (CO2) dimana selama ini kendaraan bermotor jadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar.

Menariknya, teknik ini menggabungkan aspek keahlian berkendara yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor yaitu Defensive Riding yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Riding yang mengutamakan teknik berkendara aman dan selalu berfikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Kini, pengendara sepeda motor akan sangat dimudahkan untuk melakukan penghematan bbm dengan menerapkan teknik Eco Riding karena adanya fitur Eco Riding Indicator pada panel meter.

Memanfaatkan Fitur Eco Indicator

- Putarlah slongsong gas secara perlahan saat akan memulai perjalanan. Memulai perjalanan dengan akselerasi tinggi dengan memutar gas secara tiba-tiba hanya akan membuat konsumsi bahan bakar berlebih.

- Jaga putaran mesin pada rpm optimal dan jangan bebani mesin sepeda motor bekerja pada rpm tinggi sehingga pemakaian bbm jadi lebih optimal.

- Bekendaralah dengan kecepatan konstan. Perhatikan nyala lampu eco riding indicator untuk menemukan kecepatan dan putaran mesin ideal sehingga konsumsi bbm jadi lebih efisien. Jika lampu menyala semakin terang maka pemakaian BBM semakin irit.

- Jaga jarak aman dengan pengendara di depan untuk menghindari terjadinya pengereman mendadak atau tabrakan.

Selain pemanfaatan fitur Eco Riding Indicator, penghematan konsumsi bbm juga bisa dilakukan melakukan beberapa langkah lain, diantaranya:

Servis Secara Berkala

Melakukan servis dan mengganti oli mesin sepeda motor secara rutin, akan membuat kondisi sepeda motor tetap prima dan performa mesin tetap terjaga. Hal ini akan membuat kinerja mesin lebih optimal dan proses pembakaran bbm jadi lebih sempurna.

Tidak Memodifikasi Berlebihan

Mengganti komponen tanpa menghiraukan batas toleransi, seperti mengganti ukuran ban lebih besar atau mengganti knalpot, akan memperberat kerja mesin. Semakin berat mesin bekerja, semakin banyak konsumsi bbm yang dibutuhkan.

Jangan lupa untuk selalu utamakan keselamatan berkendara dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang dianjurkan, selalu waspada serta konsentrasi saat berkendara.

Servis sepeda motor secara berkala sesuai jadwal perawatan berkala agar sepeda motor tetap optimal ketika digunakan. Gunakan layanan kunjung atau booking servis untuk layanan bebas antri.

 

sumber: https://www.astra-honda.com/article/tips-4-berhemat-bbm-dengan-eco-riding

Cara Sederhana Bikin Motor Awet, Aman dan Nyaman

Sepeda motor menjadi kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai simbol gaya hidup bagi sebagian orang. Oleh karena itu, menjaga kondisi sepeda motor agar selalu prima dan terawat menjadi sangat penting. Namun sayangnya, banyak pengendara sepeda motor yang mengabaikan perawatan dan kebersihan sepeda motor mereka. Padahal, perawatan dan kebersihan yang baik dapat memperpanjang umur sepeda motor dan menjaga keselamatan pengendara. Artikel ini akan membahas pentingnya melakukan perawatan dan kebersihan sepeda motor secara rutin, serta memberikan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin di bengkel resmi jadi hal yang wajib dilakukan pengendara jika ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Selain itu, selalu menjaga kebersihan sepeda motor akan membuatnya jadi lebih awet, aman dan nyaman dikendarai.

Pasalnya, kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada bodi dan komponen sepeda motor bisa menjadi kerak yang berpotensi merusak cat bodi motor. Kerak juga berbahaya jika ada di bagian-bagian komponen sepeda motor yang mudah korosi.

Biasanya, karena alasan kesibukan atau ketidaktahuan banyak konsumen yang tidak begitu menghiraukan kondisi sepeda motornya. Di sisi lain, membawa barang berlebih dan sembarang meletakan barang di dalam bagasi juga berpotensi menimbulkan kerusakan.

Ada beberapa benda berpotensi menimbulkan bahaya pada sepeda motor jika tidak memperhatikan aspek kebersihan, seperti:

  1. Kain, plastik, kertas atau sejenisnya. Benda-benda tersebut adalah bahan mudah terbakar. Sangat berisiko jika tersangkut pada area pipa knalpot sepeda motor. Selain karena kecerobohan, benda-benda tersebut terselip karena dibawa oleh tikus ke sela-sela bagian dalam sepeda motor.
  2. Tidak menyimpan korek api dan benda lain yang terbuat dari logam seperti obeng, kaleng cat semprot (spray) dan lainnya pada box bagian depan atau di bagasi bawah jok. Hal ini sangat berisiko terjadi korsleting karena bagasi bawah jok motor berdekatan dengan battery (aki) khususnya untuk motor tipe sport.

Lakukan-langkah sesederhana ini dapat membuat motor lebih awet:

  1. Periksa rutin dan pastikan setiap bagian sepeda motor bersih dari benda-benda tersebut, khususnya pada area pipa knalpot, jok motor, dan boks depan. Jangan lupa untuk rutin mencuci sepeda motor.
  2. Perlu juga diperhatikan kebersihan area parkiran sepeda motor. Bersihkan secara rutin area parkir motor di garasi. Bila perlu, taburkan kapur barus di lantai untuk menghindari tikus berkeliaran di area parkiran dan masuk ke sela-sela sepeda motor.
  3. Satu hal lagi, jangan sembarang meletakan tools kit serta buku pedoman pemilik dan servis garansi pada bagasi bawah jok. Simpanlah di tempat yang telah disediakan pada bagian bawah jok.

Dengan melakukan beberapa hal sederhana di atas, sepeda motor akan lebih awet, aman dan nyaman dikendarai. Lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan oleh mekanik berpengalaman. Manfaatkan layanan booking service untuk bebas antri. Info selengkapnya mengenai layanan servis kami bisa didapatkan dengan klik link ini. 

 

Sumber: https://www.astra-honda.com/article/cara-sederhana-bikin-motor-awet-aman-dan-nyaman

Benefit Menggunakan Kupon Perawatan Berkala

Setiap konsumen yang membeli sepeda motor Honda baru akan mendapatkan Kupon Perawatan Berkala (KPB) yang merupakan salah satu keuntungan untuk Konsumen. 

KPB merupakan fasilitas yang diberikan kepada pengguna motor Honda untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda yang dimiliki. Kupon ini hanya berlaku sesuai jadwal yang tercantum pada kolom keterangan table yang ada di dalam buku pedoman pemilik dan garansi (BPPG). 

Konsumen juga akan mendapat benefit lain ketika menggunakan kupon perawatan berkala sesuai jadwal, diantaranya: 

1. Mesin Sepeda Motor Terawat 
Jadwal perawatan berkala telah dibuat sesuai jenis sepeda motor yang konsumen miliki. Hal tersebut bertujuan agar performa mesin tetap terjaga dan keselamatan ketika berkendara juga tetap aman.

 

2. Garansi Sepeda Motor Tidak Gugur 
Melakukan servis berkala sesuai jadwal di bengkel AHASS merupakan salah satu syarat agar garansi sepeda motor tidak gugur. Karena setiap perawatan berkala di AHASS, motor konsumen akan diperiksa langsung oleh Teknisi ahli sesuai standar Honda.

 

3. Mendapatkan Gratis Oli dan Biaya Servis 
Setidaknya, konsumen sepeda motor baru Honda akan mendapatkan 4 KPB dimana masing-masing KPB terdapat benefit berbeda. KPB 1 bisa digunakan maksimal 1.000 KM atau 2 bulan sejak pembelian kendaraan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Benefit yang didapat pada KPB 1 adalah gratis jasa service dan gratis oli. Sedangkan KPB 2, 3 dan 4* konsumen akan mendapatkan gratis biaya jasa servis di AHASS. 

 

Jadi, selain mendapatkan sepeda motor Honda impian, konsumen juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Jangan lupa untuk servis secara teratur sesuai jadwal perawatan berkala, akan tetapi apabila sepeda motor dirasa ketika digunakan tidak dalam kondisi yang baik bawalah ke AHASS terdekat untuk dilakukan pemeriksaan segera, supaya kondisi dan performa sepeda motor selalu optimal. Gunakan juga layanan booking servis atau layanan kunjung untuk memudahkan perawatan sepeda motor Honda.

Bagi Anda yang sudah memiliki sepeda motor Honda, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari Kupon Perawatan Berkala (KPB). Pastikan untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda Anda secara teratur agar performanya tetap optimal dan garansi tetap berlaku.

Sumber: https://www.astra-honda.com/article/benefit-menggunakan-kupon-perawatan-berkala

Pentingnya Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor

Setiap sepeda motor yang baru dibeli oleh konsumen, pasti disertakan pula Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor serta beberapa kelengkapan lainnya seperti helm standar Honda, satu set toolkit dan lainnya.  

Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor tersebut berfungsi untuk memberikan berbagai informasi tentang bagian-bagian sepeda motor, waktu perawatan berkala, garansi kerusakan dan service serta berbagai informasi penting lainnya. 

Informasi yang lengkap membuat buku tersebut memiliki halaman yang banyak. Sebagian besar berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.  

Meski memiliki fungsi serta manfaat penting bagi konsumen agar pemilik kendaraan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dan dapat dilakukan sebelum berkendara hingga setelah berkendara, kadang Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor sering dianggap enteng.  

Nah, berikut beberapa hal yang dapat diketahui melalui buku panduan pemilik dan garansi:

 

1. Petunjuk Aman Berkendara 

Untuk meningkatkan keamanan berkendara, dalam buku tersebut terdapat informasi panduan berkendara yang perlu diperhatikan seperti penggunaan helm, kesehatan fisik, kewaspadaan dan lain sebagainya.  

Hal-hal tersebut dijelaskan di dalam buku panduan pemilik pada halaman awal. 

 

2. Jaminan Garansi dan Petunjuk Perawatan 

Dalam buku Servis dan Garansi memberikan informasi tentang jaminan garansi dan petunjuk perawatan berkala yang efektif dan efisien. Untuk menunjang performa sepeda motor agar tetap optimal ketika digunakan. 

Dengan mengukuti petunjuk perawatan yang tertera dalam buku tersebut, Honda menjamin kualitas sepeda motor akan selalu dalam performa terbaiknya.  

 

3. Syarat dan Ketentuan Garansi Sepeda Motor 

Setiap sepeda motor Honda yang baru dibeli oleh konsumen telah dijamin kualitasnya. Karena itu Honda memberikan garansi perbaikan dan penggantian suku cadang jika terjadi kerusakan selama masa garansi. 

Di bagian ini, dijelaskan bagian-bagian sepeda motor yang dijamin oleh Honda serta hal-hal apa saja yang mengakibatkan garansi sepeda motor baru Honda tidak berlaku.  

 

4. Cara Klaim Garansi 

Di bagian ini, dalam buku tersebut dijelaskan langkah-langkah mendapatkan klaim garansi dalam bentuk ilustrasi gambar dan tulisan. 

Selain itu, di bagian ini juga dijelaskan bagaimana jika part atau komponen yang akan diganti tidak tersedia di bengkel resmi Honda yang didatangi. 

 

5. Cara Mengatasi Masalah yang Mungkin Terjadi 

Hal-hal yang tidak diperediksi ketika berkendara sepeda motor mungkin saja dapat terjadi yang diakibatkan oleh hal internal ataupun eksternal, sehingga pengendara perlu mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi hal-hal tak terduga terjadi.  

Pada buku pedoman pemilik diinformasikan beberapa masalah yang mungkin terjadi dan cara menanggulanginya. Contohnya seperti ketika mesin tidak dapat dihidupkan, panas berlebih pada mesin, indicator peringatan menyala atau berkedip dan indikasi peringatan lainnya. 

Selain informasi di atas, masih banyak informasi yang ada di dalam buku pedoman pemilik untuk pengendara. Jadi bacalah dengan seksama, simpan di tempat yang mudah ditemui serta bawalah buku tersebut saat melakukan service berlaka di bengkel AHASS terdekat. 

Jangan lupa untuk mempercayakan perawatan sepeda motor Honda mu di AHASS, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya serta sparepart yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri. 

Sumber: https://www.astra-honda.com/article/pentingnya-buku-pedoman-pemilik-garansi-sepeda-motor

Tips Menggunakan Power Charger Sepeda Motor

Inovasi dan teknologi yang diaplikasikan pada sepeda motor Honda terus berkembang. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan bagi seluruh pengguna sepeda motor Honda.

Salah satu fitur fungsional yang ada pada beberapa tipe sepeda motor Honda adalah power charger. Fitur ini merupakan sumber tenaga listrik untuk mendukung kebutuhan pengendara dalam mengisi daya baterai smartphonenya.

Saat ini banyak tipe motor regular dan premium Honda yang sudah dilengkapi dengan fitur power charger diantaranya; BeAT, Genio, Scoopy, Vario160, ADV160, PCX dan lainnya.

Meski bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengendara, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan power charger di motor agar lebih nyaman dana man.Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatkan :

1. Gunakanlah Perangkat Charger Original

Perangkat charger seperti kepala charger dan kabel yang berkualitas memiliki material yang telah lulus uji standar keamanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya masalah seperti seperti meleleh dan korsleting.

2. Pastikan Smartphone Dalam Keadaan Mati

Pengisian baterai dalam kondisi smartphone menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada smartphone.

3. Pastikan Mesin Sepeda Motor Dalam Keadaan Menyala

Ketika menggunakan power charger, mesin sepeda motor harus dalam keadaan menyala agar daya baterai atau aki motor tidak melemah. Dengan kondisi mesin menyala, daya aki sepeda motor akan tetap terjaga sehingga kinerjanya tetap optimal.

4. Hindari Menggunakan Port Charger Pararel

Penggunaan port charger paralel (lebih dari satu lubang) dapat menimbulkan masalah karena membuat aki sepeda motor bekerja lebih keras saat kedua port nya digunakan. Jika itu terjadi, suhu di dalam bagasi akan lebih panas dan berpotensi menimbulkan masalah pada sisi safety

5. Periksa Bagasi Sebelum Meninggalkan Sepeda Motor

Pemeriksaan bagasi sebelum meninggalkan sepeda motor bertujuan agar tak ada perangkat elektronik yang tertinggal. Suhu bagasi yang panas berpotensi menimbulkan masalah kerusakan smartphone, apalagi sepeda motor terparkir di tempat terbuka di siang hari.

Jok yang langsung terkena paparan sinar matahari membuat suhu di dalam bagasi lebih panas dan membuat proses menurunan suhu bagasi lebih lambat.

Jangan lupa untuk mencabut perangkat charger dari power socket sebelum meninggalkan sepeda motor.

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa yah bawa motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik berpengalaman. Manfaatkanlah layanan booking service atau layanan kunjung untuk layanan tanpa perlu antri.

Yuk Simak Fitur Riding Mode Honda CBR250RR

Honda CBR250RR generasi terbaru hadir dengan menawarkan banyak keunggulan fitur dan teknologi. Salah satunya adalah Throttle by Wire (TWB) dan Riding Mode. 

Throttle by Wire merupakan teknologi yang menggantikan peran rumah selongsong gas konvensional. Dengan teknologi Throttle by Wire, Honda CBR250RR tak lagi menggunakan Kabel baja melainkan dengan kabel listrik sehingga sistemnya saat ini sudah elektrik.  

Sistem ini dilengkapi dengan Accelerator Position Sensor (APS) pada bagian stang kanan. Sensor tersebut berkerja membaca putaran bukaan gas. Ketika tuas gas dipuntir, Sensor APS akan membaca sudut putaran bukaan gas tangan, sudut tersebut dikonversikan menjadi sinyal tegangan listrik yang dikirim ke ECM Setelah perintah sampai ke ECM, ECM akan memerintahkan motor listrik yang berada di throttle body untuk membuka katup kupu-kupu atau throttle valve. 

Keunggulan penggunaan TBW jauh lebih akurat ketimbang yang masih menggunakan kabel baja konvensional. Sehingga akselerasi jadi lebih responsif karena minim potensi terjadinya delay. 

Berkat pengaplikasian TBW tersebut, CBR250RR pun memiliki fitur 3 Riding Mode yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya. 

Riding mode merupakan fitur yang dibuat untuk menyesuaikan profile pengendara dengan gaya berkendara yang diinginkan. Berikut ini 3 mode riding pada CBR250RR : 

  1. Comfort Mode 
    Mode ini berfokus kepada kenyamanan, dengan tidak menghadirkan power maksimum  sehingga memastikan transfer tenaganya lebih smooth. Mode ini cocok digunakan untuk daerah kemacetan atau sedang berjalan santai. 
     
  2. Sport Mode 
    Mode ini menghadirkan power maksimum sepeda motor, namun dengan kurva power yang linear. Mode ini cocok digunakan untuk harian bagi pengendara yang menginginkan power maksimum. 
     
  3. Sport + Mode 
    Mode ini menyuguhkan power maksimum sepeda motor dan kurva power lebih agresif, sehingga akselerasi atau tarikan sepeda motor jadi lebih responsif dan agresif. Mode ini cocok digunakan untuk di lintasan sirkuit atau untuk pengendara yang menginginkan power dan tarikan maksimum. 

Dengan fitur riding mode pengendara dapat sepenuhnya melakukan kontrol pada sepeda motornya agar sesuai dengan preferensi pengendaranya. 

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa lakukan pemeriksaan dan perawatan berkala sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari teknisi berpengalaman dan sparepart 100% asli. Jangan lupa manfaatkan juga layanan booking service atau layanan kunjung untuk layanan tanpa perlu antri.

Astra Honda Technical Skill Contest Regional Bengkulu 2022

Bengkulu – Astra Motor Bengkulu kembali menggelar Astra Honda Technical Skill Contest Regional Bengkulu yang dimulai sejak Bulan April 2022 hingga babak final Regional Bengkulu pada Bulan Oktober 2022 ini. Total 62 mekanik dan service advisor turut menjadi peserta yang masing-masing terdiri dari 42 peserta kategori mekanik dan 20 peserta kategori service advisor.

Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu Rangga Noviar mengungkapkan bahwa Astra Honda Technical Skill Contest ini dilaksanakan untuk menjaga kualitas pelayanan mekanik dan service advisor AHASS di seluruh Provinsi Bengkulu.

“Sepeda Motor Honda yang mempunyai banyak fitur-fitur dan teknologi terbaru, pastinya harus didukung dengan update kualitas dari mekanik atau service advisor yang akan melayani perawatan / perbaikan sepeda motor konsumen. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan service / perawatan berkala untuk Sepeda Motor Honda nya di AHASS terdekat supaya performa motor tetap terjaga” ujar Rangga.

Adapun para pemenang yang didapatkan dari kontes skala regional Bengkulu nantinya akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam kontes tingkat Sumatera dan nantinya akan dipilih untuk berkancah di level nasional. Berikut adalah para pemenang Astra Honda Technical Skill Contest Regional Bengkulu 2022 :

Kategori mekanik :

1. Muhammad ali mas'ud_ CV. Anugrah Kirana Motor

2. David Saputro_ Jakarta Honda Center

3. Nur alif surbanda_ Astra Motor Curup

Kategori Service advisor :

1. Sumardiyono_Astra Motor Ketahun

2. Hermawan Budi Susanto_PT. Bintang Mulia Jaya

3. Fadli Muhammad_ Astra Motor Padang Jati

3 Cara Memperpanjang Usia Pakai Rantai Sepeda Motor

Rantai pada sepeda motor bertransmisi manual seperti motor sport dan bebek atau cub, memiliki peran penting sebagai penggerak kendaraan. Gaya gerak sepeda motor dapat terjadi berkat daya mesin yang diteruskan ke roda belakang melalui rantai yang terhubung dengan gir sproket depan dan belakang. 

Pada saat sepeda motor berjalan dengan kecepatan tinggi, rantai harus bekerja dengan baik karena akan berdampak pada performa, kenyamanan dan keamanan berkendara. Kekuatan rantai harus dapat menahan daya tarik yang sangat kuat. 

Seiring pemakaian, performa rantai akan menurun. Untuk itu, diperlukan perhatian dan perawatan supaya performa rantai sepeda motor bisa tetap optimal dan usia pakainya jadi lebih panjang. 

Ada 3 hal yang harus dilakukan agar usia pakai rantai lebih panjang : 

1. Perhatikan ketegangan rantai

Sepeda motor yang digunakan dalam jarak jauh atau membawa beban berat akan membuat kerja rantai semakin berat. Hal ini bisa membuat rantai menjadi kendor. Untuk itu, selalu perhatikan ketegangan atau jarak main bebas rantai. 

Saat melakukan penyetelan, usahakan jangan terlalu tegang atau terlalu kendur. Kondisi rantai yang terlalu tegang bisa membuat rantai putus, kalau terlalu kendur bisa mengakibatkan rantai Cepat aus dan bisa lepas dari gir. Selain itu, kondisi ini juga akan memengaruhi performa sepeda motor. 

Jarak main bebas setiap motor berbeda-beda Informasi penyetelan ketegangan rantai dapat dilihat pada stiker di swing arm atau di buku pemilik.. 

Dalam mengukur ketegangan atau kekencangan rantai, posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas permukaan yang datar. Matikan mesin dan posisi gigi netral. Periksa kekenduran rantai dengan menekan kearah atas bagian tengah rantai dan ukur pergerakan rantai menggunakan mistar. Jika keregangannya melebih batas jarak main bebas rantai, maka lakukannya penyetelan. 

2. Bersihkan rantai secara rutin 

Rantai motor menjadi salah satu bagian yang mudah kotor. Menjaga kebersihan rantai Bisa memperpanjang usia pakai, juga menghindari terjadinya karat dan beberapa masalah lain yang bisa terjadi pada rantai. 

Bersihkan paling tidak sebulan sekali menggunakan air dan juga sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada rantai dan gir. Setelah dibersihkan sebaiknya lumasi rantai agar tak mudah karat. 

3. Beri pelumas untuk mengurangi gesekan 

Pada saat sepeda motor melaju, rantai roda mengalami gesekan dengan gir bahkan link antar rantai juga bergesekan. Untuk itu diperlukan pelumasan rantai untuk mengurangi gesekan dan keausan. Lakukan pelumasan rantai setiap kali rantai dibersihkan dan gunakan pelumas khusus rantai roda (AHM Oil Chain Lube). 

Jangan lumasi rantai dengan oli bekas karena sudah terkontaminasi kotoran yang dapat menimbulkan kerusakan dan membuat rantai motor menjadi tidak tahan lama.

Musim Hujan Sudah Tiba, Yuk Rutin Cek 5 Komponen Sepeda Motor Mu

Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus memberi perhatian ekstra dalam melakukan perawatan sepeda motornya. Karena kandungan zat asam pada air hujan yang menempel pada komponen motor bisa menyebabkan kerusakan. 

Langkah tersebut akan membuat performa seluruh komponen sepeda motor akan tetap optimal sehingga berkendara jadi tetap aman dan nyaman meski harus melewati lebatnya guyuran air hujan. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan sepeda motor di musim hujan : 

1. Mencuci Sepeda Motor

Cucilah sepeda motor setelah digunakan di bawah guyuran hujan atau terkena hujan saat motor berada di parkiran. Hal ini untuk menghindari proses korosi akibat zat asam yang terkandung di dalam air hujan. 

Perlu diperhatikan, usahakan tidak menggunakan semprotan air bertekanan tinggi saat mencuci sepeda motor untuk menghindari kisi-kisi pendingin radiator rusak. 

2. Periksa Tekanan Angin Ban

Dalam kondisi normal, tekanan angin ban sepeda motor yang direkomendasikan berkisar antara 29 psi untuk depan dan 33 psi untuk belakang.  

Maksimal pengurangan tekanan angin ban hanya sekitar 2 psi pada tiap ban. Hal ini bertujuan untuk membuat area tapakan ban ke permukaan jalan jadi lebih lebar, sehingga daya cengkramnya jadi lebih baik pada permukaan jalan yang basah. Ingat, kondisi jalan basah bisa membuat permukaan jalan jadi lebih licin.  

3. Periksa Komponen Pengereman 

Sebenarnya, pemeriksaan komponen pengereman wajib dilakukan secara rutin tanpa harus menunggu datangnya musim hujan. Karena peranti ini adalah salah satu penunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara. 

Bedanya, interval pemeriksaannya jadi lebih cepat untuk Untuk menjaga kinerja pengereman tetap optimal, kotoran yang menempel perlu dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela rem setelah berkendara di bawah hujan agar tak ada kotoran yang menempel di celah rem. Kotoran yang menempel di celah rem dapat memperpendek usia pakai rem. 

Periksalah kondisi komponen pengereman mulai dari tuas, kabel hingga ke bagian kanvas rem. Karena bahan kanvas rem yang terbuat dari asbes akan mudah mengembang saat basah dan mengeras saat kering. 

4. Periksa Kondisi Rantai 

Selain membersihkan dan melumasi rantai agar tak cepat karat akibat air hujan dan kotoran, periksalah ketegangan rantai motor. Jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendur agar rantai dan gir tidak mudah aus atau mengakibatkan rantai terlapas dari dudukannya. 

Perlu diingat, ukuran standar ketegangan rantai sepeda motor adalah 2 cm. 

5. Periksa Busi dan Tutup (Kop) Busi Motor 

Lakukan pemeriksaan bagian busi untuk memastikan busi dan kop busi masih dalam kondisi bagus untuk mencegah masuknya air ke lubang busi. 

Jika terlihat ada rembesan air, maka segera keringkan dengan kain lap agar proses pengapian tak terganggu atau terhambat oleh rembesan air tersebut. 

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa yah bawa motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik berpengalaman. Manfaatkanlah layanan booking servis atau layanan kunjung untuk layanan tanpa perlu antri. 

 

Motormu Mau Irit Bahan Bakar? Rawat bagian-bagian ini!

Kenaikan harga bahan bakar minyak tentu memengaruhi pengaturan keuangan masyarakat. Selain itu, para pengguna kendaraan pun pasti berusaha menyiasati agar konsumsi bahan bakar kendaraannya termasuk sepeda motor supaya lebih sedikit atau lebih irit. 

Selain mengaplikasikan gaya berkendara yang baik, ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu dirawat supaya konsumsi bahan bakar sepeda motor jadi lebih irit, diantaranya : 

1. Busi

Merawat dan menjaga kondisi busi agar tetap baik dan optimal sama dengan menjaga proses pembakaran di ruang bakar tetap sempurna.  

Jika pembakaran selalu dalam kondisi sempurna, tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara akan tetap optimal. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. 

Ketika busi tak terawat, membuat kinerjanya menurun. Salah satu penyebabnya bisa diakibatkan oleh penumpukan kotoran sisa pembakaran di ujung elektroda, Sehingga api yang dihasilkan busi tidak besar menjadikan pembakaran kurang sempurna dan membuat output tenaga mesin tidak optimal. 

2. Filter Fuel Pump

Membersihkan dan mengganti filter fuel pump secara rutin akan membuat proses aliran bahan bakar ke ruang bakar tetap sempurna sesuai dengan kebutuhan kerja mesin. Asupan bahan bakar yang sesuai akan membuat kinerja mesin tetap optimal. 

Tapi jika filter fuel pump tak terawat, kotoran yang nemempel pada filter akan menghambat aliran bahan bakar ke ruang bakar sehingga proses pembakaran akan terganggu. Jika demikian, tenaga yang dihasilkan mesin akan berkurang. 

3. Injektor

Kondisi injektor akan selalu terjaga jika pemilik sepeda motor rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan sepeda motornya ke bengkel resmi Honda. 

Injektor yang selalu dalam kondisi baik, membuat proses pengkabutan bahan bakar di ruang tetap sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuat sia-sia. 

4. Filter Udara

Sama seperti filter fuel pump. Jika filter udara selalu dalam kondisi bersih dan baik akan membuat aliran udara segar ke ruang bakar akan optimal, sehingga proses pembakaran tetap sempurna. 

Sementara jika filter udara kotor akan menghambat aliran udara ke ruang bakar. Kurangnya asupan udara di ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran. Selain membuat mesin jadi tak bertenaga, jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu lama bisa mempercepat kerusakan komponen mesin. 

5. Rantai/CVT

Merawat dan menjaga kondisi rantai/cvt akan membuat usia pakainya jadi lebih lama. Selain itu, proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang akan selalu optimal. 

Sementara kondisi rantai/cvt yang tak terjaga kondisinya, bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang. Akibatnya performa mesin akan menurun. 

Selain membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, kondisi rantai/cvt yang tak terawat bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. 

6. Ban

Selain sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar. Hal itu bisa diakibatkan oleh daya cengram ke aspal tak sempurna atau akibat bobot berlebih karena menggunakan ukuran ban tak sesuai anjuran pabrikan. 

Kondisi ban yang tak terawat bisa mengakibatkan tekanan angin berkurang, daya cengkram ke permukaan jalan lebih rendah, ban mudah slip. Akibatnya, penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang jadi tak optimal. 

Keenam komponen tersebut merupakan bagian paling memberi pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor. 

Untuk menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi terbaik, maka perlu dilakukan perawatan berkala sesuai buku petunjuk panduan pemilik sepeda motor. Bawalah sepeda motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat agar performa sepeda motor terjaga dan sehingga konsumsi bahan bakar tetap irit. 

Gratis, Silahkan Ke AHASS Lagi Kalau Hasil Servis Belum Beres!

Tidak hanya karena keahlian mekanik dan jaminan keaslian suku cadang yang digunakan bengkel AHASS, konsumen juga berhak mendapatkan jasa pemeriksaan dan jasa perbaikan ulang secara gratis jika masih ada keluhan yang sama pada sepeda motor. 

Hak ini diberikan sebagai wujud jaminan kualitas servis sesuai dengan tagline AHASS “Servis Pasti Dari yang Ahli”. 

Garansi servis ini berlaku untuk semua tipe dan model motor Honda regular dan premium. Motor yang masuk kategori premium antara lain Vario 160, ADV series, PCX series, PCX Hybrid, Super Cub C125, CT125, ST125, Forza, Honda Monkey, SH150, CRF250 Rally, CBR250RR dan semua motor tipe Big Bike. 

Masing – masing kategori diberikan batas pengajuan klaim servis berdasarkan waktu serta jarak tempuh yang dihitung setelah motor diservis atau mana yang tercapai terlebih dahulu.

Kategori Motor Regular

Jenis Pekerjaan Servis

Waktu 

Jarak Tempuh

Perawatan Berkala

7 Hari

500 km

Perawatan Ringan 

7 Hari 

500 km

Perawatan Berat

30 Hari

1000 km

 Kategori Motor Premium 

Jenis Pekerjaan Servis

Waktu 

Jarak Tempuh

Perawatan Berkala

30 Hari

1000 km

Perawatan Ringan 

30 Hari 

1000 km

Perawatan Berat

45 Hari

1500 km

Jaminan ini merupakan wujud komitmen pelayanan prima untuk terus memastikan agar pengguna sepeda motor Honda bisa merasakan performa terbaik sepeda motornya. AHASS menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara pasca servis dengan pelayanan after sales yang baik serta menerapkan prosedur dan alat berstandar Honda Jepang. 

https://www.astra-honda.com/article/gratis-silahkan-ke-ahass-lagi-kalau-hasil-servis-belum-beres

Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sistem kelistrikan sepeda motor punya peran penting dalam penyaluran arus listrik ke setiap komponen yang memerlukan daya listrik, mulai dari bagian pencahayaan hingga pembakaran atau pengapian. 

Sistem kelistrikan sepeda motor terdiri dari berbagai komponen, seperti spull, kiprok, dan masih banyak lagi lainnya. Semua komponen tersebut bekerja secara bersamaan untuk mengoptimalkan arus listrik yang berasal dari aki.  

Nah untuk mengetahui lebih jauh apa saja komponen sistem kelistrikan motor, silahkan simak dibawah ini. 

  1. Kiprok
    Kiprok atau biasa disebut rectifier regulator berfungsi sebagai menstabilkan tegangan listrik serta mengubah arus listrik. Kondisi kiprok sangat memengaruhi masa pakai aki sebagai sumber daya listrik. 
    Arus listrik yang melalui kiprok akan distabilkan dan diubah menjadi arus satu arah (dari arus AC menjadi DC) sebelum dialirkan ke aki.  
    Selain itu, kiprok juga sebagai penstabil tegangan listrik yang mengalir ke aki. Karena jika arus terlalu besar akan mengakibatkan over change. Sementara jika arus yang mengalir ke aki terlalu kecil, akan menyebabkan aki tekor. Jadi, tegangan dan arus yang mengalir ke aki harus dalam kondisi seimbang jumlahnya. 
    Saat terjadi masalah pada sistem kelistrikan sepeda motor, komponen inilah yang biasanya harus diperiksa. 
     
  2. Spul/ generator
    Spul adalah komponen sistem kelistrikan sepeda motor sebagai penghasil energi listrik untuk seluruh kebutuhan kelistrikan motor, termasuk mengisi daya aki. 
    Spul menghasilkan arus listrik AC (Alternating Current) atau bolak balik. Energi listrik yang dihasilkan oleh spul kemudian digunakan untuk perangkat motor seperti busi, CDI, busi, bola lampu, dan lainnya. 
    Tegangan arus AC dari spul diubah terlebih dahulu menjadi DC (searah) menggunakan kiprok.
     
  3. Kabel bodi
    Kabel badan atau biasa bodi jadi salah satu komponen vital pada sebuah rangkaian sepeda motor. Kabel bodi berfungsi untuk menyalurkan listrik dari sepul ke aki dan menyebarkannya ke beberapa komponen seperti lampu, electric starter, klakson dan kunci kontak. 
    Seiring masa pakai Sepeda motor, bisa menyebabkan penurunan kinerjanya mengaliri arus listrik. Salah satu cara mempertahankan kinerja kabel bodi adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan.
     
  4. Sekring
    Komponen kelistrikan sepeda motor yang satu ini berfungsi sebagai perangkat keamanan listrik. 
    Dengan sekring, kerusakan komponen kelistrikan akibat hubungan arus pendek bisa dicegah. Sekring bisa memutus arus listrik secara otomatis saat terjadi aliran arus listrik yang tak stabil atau akibat korslet, sehingga kerusakan tidak menyebar ke komponen lainnya. 
  1. Baterai
    Baterai atau aki berfungsi untuk menyimpan listrik. Energi listrik cadangan ini bisa digunakan untuk menghidupkan sepeda motor ketika di starter.
    Selain itu, baterai juga dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat motor lainnya seperti ECU, CDI, dan lampu.  
    Jika baterai habis akan memengaruhi kinerja komponen kelistrikan. Hal terburuk adalah sepeda motor tidak bisa dinyalakan. 

Semua komponen kelistrikan sepeda motor tadi memiliki fungsi vital. Seiring masa pakai, komponen-komponen tersebut bisa rusak. Namun masa pakainya bisa lebih lama jika perawatan dan pemeriksaan dilakukan secara rutin. Maka bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan dari Teknisi berpengalaman. 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/mengenal-sistem-kelistrikan-sepeda-motor

Tips Perawatan Berkala CVT

Selain mesin, CVT atau Continuously  Variable Transmission jadi salah satu bagian paling vital pada sepeda motor matic. Ada beberapa bagian komponen di dalam CVT yang saling berhubungan, diantaranya adalah drive belt, drive pulley, driven pulley dan outer comp clutch.

Setiap bagian komponen tersebut memiliki peran masing-masing yang saling mendukung satu sama lain sehingga sepeda motor dapat melaju dengan sempurna. Karena itu, perawatan berkala CVT jadi satu keharusan agar kondisinya tetap terjaga dan performa tetap maksimal.

Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan agar CVT tetap bekerja secara optimal :

  1. Drive Belt
    Drive belt berkerja seperti rantai pada motor bebek dan sport. Komponen inilah yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Agar kinerjanya tetap optimal, perlu dilakukan pemeriksaan setiap 8000 km dan menggantinya secara rutin sesuai dengan jadwal perawatan berkala.
    Atau melihat pada kondisinya. Jika secara visual drive belt terlihat mulur dan terdapat retak, itu salah satu tanda bahwa drive belt perlu diganti. Tanda lainnya bisa diketahui jika terdengar bunyi berdecit atau suara terdengar kasar saat motor dijalankan serta akselerasi sepeda motor jadi lambat dan sulit mendapatkan kecepatan sesuai kemampuan motor tersebut.

     
  2. Roller Weight

    Gerakan roller akibat gaya sentrifugal saat mesin berputar itu yang membuat mekanisme CVT bekerja. Secara visual, bentuk roller yang sudah berubah atau penyok merupakan tanda perlu dilakukan penggantian. Suara berisik di dalam CVT bagian depan juga bisa jadi tanda kondisi roller weight sudah tidak baik.

     
  3. Kampas Kopling Matik
    Kampas kopling matik perlu mendapat pemeriksaan secara rutin sesuai dangan jadwal perawatan berkala. Pada sepeda motor bermesin di bawah 150 cc interval pemeriksaannya setiap 8000 km, sedangkan untuk kapasitas mesin 150 cc ke atas setiap 12.000 km.

    Namun bisa juga penggantian dilakukan lebih awal bila saat dilakukan pemeriksaan, secara visual kondisi kampas kompling sudah tipis. Indikasi kampas kopling harus diganti juga bisa dirasakan ketika sepeda motor berakselerasi. Saat tuas gas diputas, akselerasi sepeda motor terasa lambat. Bahkan ketika mesin di RPM tinggi

Agar CVT tetap awet, lakukanlah beberapa tips berikut :

  1. Jangan gunakan bukaan gas dan putaran mesin tinggi untuk menahan gerak motor ke belakang saat berhenti di jalan menanjak
  2. Manfaatkan rem depan untuk menahan motor agar tidak meluncur ke belakang
  3. Lakukan service secara rutin dan service lebih sering jika sepeda motor sering melintasi area basah atau berdebu
  4. Periksa dan bersihkan drive pulley secara berkala bersamaan adanya pemeriksaan part komponen CVT lainnya minimal setiap 8000 km

Tak kalah penting, lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala di bengkel AHASS terdekat agar seluluh komponen sepeda motor tetap optimal dan Honda Genuine Parts yang sudah terjamin kualitasnya.

 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/tips-perawatan-berkala-cvt

Yuk Ketahui Mesin eSP+ di Sepeda Motor Honda

Inovasi dan perkembangan teknologi sepeda motor terus berkembang. Salah satu inovasi paling mutakhir dari Honda adalah Enhanced Smart Power atau biasa disebut eSP.

Teknolohi eSP pertama kali diperkenalkan di tahun 2013 pada sepeda motor BeAT. Teknologi ini merupakan rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda.

Dengan teknologi ini akan menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang sia-sia. Berkat teknologi eSP membuat motor matic Honda jadi lebih irit bahan bakar, mesin lebih halus dan menghasilkan tenaga lebih baik.

Pada tahun 2022, inovasi baru diperkenalkan Honda dengan munculnya teknologi eSP+. Dibanding generasi eSP sebelumnya, eSP+ mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna. Penyempurnaan itu terjadi karena perubahan pada komponen internal mesin yang cukup banyak.

Tujuan Pengembangan Teknologi eSP+

Ada dua tujuan utama dalam pengembangan teknologi eSP+ yaitu meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.

Pengembangan pada mesin eSP+ adalah perubahan mesin yang telah menggunakan empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid.

Di ruang filter pun terdapat rectifire atau penyearah yang berfungsi untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi.

Teknologi eSP+ pertama kali diimplementasikan pada sepeda motor PCX 160 yang kemudian digunakan juga pada Vario 160.

Dampak positif dari pengaplikasian teknologi eSP+ membuat akselerasi terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya, serta tidak ada gejala gredek di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan yang relatif rendah.

Untuk menjaga mesin dan performa sepeda motor tetap optimal, jangan lupa lakukan perawatan secara berkala di AHASS terdekat agar sepeda motor mendapatkan Servis Pasti Dari Yang Ahli. Manfaatkanlah layanan Booking Service atau Layanan Kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.

 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/yuk-ketahui-mesin-esp-di-sepeda-motor-honda

Hati-hati Mengganti Ukuran Ban yang Tidak Standar

Selain berfungsi sebagai penopang sepeda motor, ban motor juga berfungsi sebagai penerus daya mesin dalam menggerakan sepeda motor dengan stabil. Karena itu ban sepeda motor punya peran penting dalam performance sepeda motor. 

Ban motor dirancang lebih kuat dan kokoh khususnya untuk bermanuver di tikungan tajam. 

Ban jadi satu-satunya komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan dan sangat erat kaitannya dengan keamanan dan kenyamanan berkendara.  

Karena itu ban harus mendapat perhatian dan perawatan supaya berkendara jadi aman dan nyaman saat melintasi berbagai kondisi jalan. 

Perlu diketahui, ukuran ban yang terpasang di sepeda motor baru sudah melewati serangkaian penelitian dan pengujian.  

Jadi, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar akan berpengaruh pada handling, performa sepeda motor dan kinerja ban itu sendiri.   

Selain akibat bobot ban yang bertambah, juga dipengaruhi oleh tapakan ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi lebih lebar. Hal ini pun bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. 

Sementara jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, berpengaruh pada daya cengkram ban ke permukaan jalan, karena tapakan ban yang menempel di aspal jadi lebih sedikit. Hal ini bisa menimbulkan risiko ban slip dan terjatuh. 

Dampak lainnya ketika ukuran ban diganti jadi lebih kecil, bisa membuat pengereman jadi tak maksimal akibat daya cengkram ban ke aspal saat menerima gaya dorong motor sewaktu mengerem lebih sedikit. 

Jadi gunakanlah ban dengan ukuran standar pada saat penggantian ban. Untuk penggantian dan pemasangan ban yang tepat datanglah ke AHASS terdekat agar mendapatkan 100% kualitas Honda. Gunakanlah ban dari Honda Genuine Part yang sudah teruji kualitasnya. 

 

 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/hati-hati-mengganti-ukuran-ban-yang-tidak-standar

 

Segera Ganti Kampas Rem yang Aus

Kampas rem berfungsi untuk untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti dengan sempurna. 

Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengerem. Karena itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu berkerja pada suhu panas sehingga tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih. 

Jika system rem tidak bekerja dengan baik akibat berkurangnya kemampuan kampas rem menahan panas dari gaya gesek tersebut, rem  bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan. 

Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak caram atau dinding drum pada rem tromol sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar. 

Untuk itu, penting melakukan pemeriksaan dan mengganti kampas rem yang habis aus.  

Berikut tanda-tanda kampas rem sudah aus : 

  1. Pada Sistem Rem  Tromol
    Kondisinya bisa diketahui dengan cara menekan pedal rem. Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, menunjukan kampas rem sudah harus diganti. Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor.  

    Proses pembongkaran, penggantian kampas rem dan pemasangan roda membutuhkan keahlian khusus, hal ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik AHASS. 


     
  2. Pada Sistem Rem  Cakram
    Untuk sistem rem hidrolik atau biasa disebut rem cakram, indikator keausan dapat dilhat dari bawah caliper rem. Periksa kondisi indikator keausan, jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas rem dengan yang baru di bengkel AHASS. 

    Jangan lupa juga yah, lakukan perawatan rutin sepeda motor di bengkel AHASS terdekat agar seluruh komponen sepeda motor selalu dalam kondisi prima sehingga performa sepeda motor selalu terjaga.

    Gunakan juga layanan booking service atau layanan kunjung AHASS untuk Anda yang memiliki waktu terbatas.


 

 

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/segera-ganti-kampas-rem-yang-aus

Keunggulan Knalpot Standart Pabrikan

Banyak pemilik sepeda motor yang melalukan modifikasi sepeda motornya dengan mengganti knalpot standart pabrikan dengan knalpot racing. Alasannya untuk mendapatkan performa sepeda motor yang lebih baik.

Sebenarnya, knalpot standart pabrikan memiliki banyak keunggulan yang mungkin belum diketahui pengendara sepeda motor.

Berikut ini beberapa keunggulan knalpot standart pabrikan sepeda motor:

  1. Emisi gas buang yang sesuai dengan standart
    Knalpot standart telah disesuaikan dengan konstruksi mesin motor itu sendiri dengan melalui berbagai riset dan uji coba.
    Selain itu, knalpot standar pabrikan juga memiliki nilai gas buang yang telah diukur dan sesuai dengan standart minimal sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara berlebih.

     
  2. Tingkat kebisingan knalpot sesuai peraturan
    Tingkat kebisingan yang ada pada knalpot standart sudah teregulasi dan lulus uji kebisingan sehingga tidak menimbulkan suara terlalu keras dan mengganggu lingkungan sekitar.

     
  3. Tidak menggugurkan garansi
    Memodifikasi knalpot adalah salah satu tindakan yang bisa menggugurkan garansi sepeda motor.
    Dengan tidak memodifikasi bagian motor yang tidak disarankan, pemilik sepeda motor bisa memanfaat garansi tersebut jika terjadi masalah atau kerusakan pada sepeda motor selama masa garansi yang ditetapkan.

     
  4. Lubang kecil untuk saluran pengeluaran
    Salah satu kelebihan yang dimiliki knalpot standart juga ada pada lubang kecil di bagian terbawah knalpot. Lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam knalpot sehingga knalpot tidak menyimpan air dan sirkulasi lebih baik.

Perlu diingat juga, perawatan dan pemeriksaan seluruh komponen sepeda motor yang dilakukan secara rutin akan membuat kinerjanya tetap optimal. Karena itu, bawalah sepeda motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat dan jangan lupa selalu gunakan suku cadang Honda Genuine Part untuk kualitas terbaik.

Manfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu service.

Sumber : https://www.astra-honda.com/article/ketahui-keunggulan-knalpot-standart-pabrikan

Service Hemat Motor Honda Hadir Di Gelaran Tradisi Omed

Denpasar – Turut mendukung dan melestarikan tradisi budaya Bali, yang salah satunya Omed-omedan di Banjar Kaja Sesetan dilaksanakan setiap setahun sekali tepatnya di hari ngembak geni sehari setelah hari raya Nyepi. Tradisi ini sudah diwariskan sejak tahun 1900an dan hanya dilaksanakan di Banjar Kaja Sesetan.

Tradisi Omed-omedan tahun ini mengambil tema “Suka Duka Sama Kertha” yang berarti keseimbangan dalam berkehidupan dengan tradisi omed-omedan bentuk pertahankan budaya menyama braya.

Untuk itu, Astra Motor selaku Main Dealer Resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali. memberikan dukungan berupa support seragam pemuda pemudi, membuka booth Honda Exhibition yang tentunya menyediakan type motor Honda teranyar serta service Hemat.

Khusus service hemat, pengunjung yang menggunakan motor Honda dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu dilokasi dan akan mendapatkan perawatan dan ganti oli seharga 35 ribu hanya berlaku selama event omed-omedan.

Marketing manager Astra Motor Bali, Henry Setiawan mengatakan Bali kaya dengan budayanya, kegiatan Omed-omedan ini sangat positif karena merupakan salah satu bagian dari tradisi budaya Bali, kehadiran kami disini sebagai wujud komitmen Honda Untuk Bali mendukung budaya Bali.

“Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena kondisi pandemic yang belum pulih, namun tradisi ini tertap berlangsung dengan mengikuti prokes yang ketat. Kami berterima kasih hingga saat ini Honda dapat berpartisipasi dalam event tahunan ini. Omed-omedan merupakan tradisi unik yang telah diwariskan secara turun temurun. Dengan Honda menjadi bagian dari event ini tentunya berdampak positif untuk masyarakat terutama bagi yang memanfaatkan perawatan kendaraan melalui service Hemat,” ungkap Henry.