6 Manfaat Perawatan dan Pemeriksaan Sepeda Motor Secara Rutin

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

6 Manfaat Perawatan dan Pemeriksaan Sepeda Motor Secara Rutin

6 Manfaat Perawatan dan Pemeriksaan Sepeda Motor Secara Rutin

Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala akan menjaga performa sepeda motor tetap optimal. Selain itu, pemilik sepeda motor juga bisa melakukan pengecekan awal pada komponen sepeda motor yang rusak sehingga kerusakan lebih parah dan pengeluaran biaya yang lebih tinggi bisa dicegah.

Berikut 6 manfaat yang akan didapat dengan melakukan perawatan berkala sepeda motor secara rutin :

  1. Menjaga Performa

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin, akan menjaga seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi optimal, sehingga performa terbaiknya akan selalu terjaga.

Berjalan waktu, komponen sepeda motor dapat mengalami keausan dan penurunan performa. Dengan perawatan yang tepat seperti membersihkan karburator atau injektor, mengganti filter udara, serta memeriksa kelistrikan motor secara teratur akan membantu menjaga performa mesin tetap baik. 

  1. Memperpanjang Usia Pakai

Pemeriksaan dan perawatan rutin dapat memperpanjang usia pakai sepeda motor karena kondisi seluruh komponen sepeda motor selalu terjaga dalam kondisi prima. 

Ini termasuk mengganti oli secara teratur, membersihkan filter udara, pemeriksaan ban dan sistem pengereman serta sistem kelistrikan. Di sisi lain, pemeriksaan dan perawatan rutin dapat mengurangi risiko kerusakan pada komponen vital dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

  1. Mencegah Kerusakan Lebih Parah

Seringkali, masalah kecil pada motor dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat. Melakukan perawatan rutin sepeda motor memungkinkan deteksi masalah kecil sebelum menjadi masalah yang lebih besar. 

Misalnya, memeriksa rem secara teratur dan mengganti kampas rem yang aus dapat mencegah keausan berlebihan pada sistem rem sepeda motor.

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Efisiensi bahan bakar dan penghematan uang dalam jangka panjang bisa dirasakan oleh pemilik sepeda motor saat sepeda motornya selalu dalam kondisi prima.

Pada bagian mesin, misalnya. Saat seluruh bagian mesin sepeda motor bekerja dengan baik, pembakaran bahan bakar akan sempurna sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia saat proses pembakaran. Hal ini tentu akan berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat.

Peningkatan efisiensi bahan bakar juga didukung oleh bagian sepeda motor lainnya, seperti kondisi ban tekanan angin serta gaya berkendara yang tepat.

  1. Mempertahankan Keamanan dan Kenyaman Berkendara

Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Misalnya, memeriksa sistem pengereman secara teratur dan mengganti rem yang aus akan membantu memastikan pengendara memiliki kendali penuh saat berkendara. 

Selain itu, memeriksa sistem kelistrikan, pencahayaan dan lampu sinyal pada motor juga penting untuk menjaga visibilitas sepeda motor oleh pengendara lain.

  1. Harga Jual Terbaik

Terakhir, kondisi tampilan dan performa sepeda motor yang terjaga dengan baik akan membuat nilai jualnya tetap tinggi jika sewaktu-waktu pemilik sepeda motor akan menjualnya.

Jadi, bawalah sepeda motor untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan rutin ke AHASS terdekat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik AHASS jika ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik. 

Hal ini akan membantu menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara, serta menjaga performa optimal dari sepeda motor Honda kesayangan.

 

sumber: https://www.astra-honda.com/article/6-manfaat-perawatan-dan-pemeriksaan-sepeda-motor-secara-rutin