
Lokasi Anda
Pilih lokasi kamu agar kami bisa memberikan informasi harga yang sesuai dengan di daerah kamu dan menemukan cabang di sekitar tempatmu
Astra Motor
4 Tips Berhemat BBM dengan ECO Riding
Berikut ini adalah 4 Tips agar lebih hemat BBM:
- Berhemat BBM dengan ECO Riding.
- Memanfaatkan Fitur Eco Indicator.
- Servis Secara Berkala.
- Tidak Memodifikasi Berlebihan.
Selengkapnya, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.
Berhemat BBM dengan ECO Riding
Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta meningkatnya kebutuhan hidup sehari-hari, pengendara sepeda motor dituntut untuk bisa melakukan penghematan, termasuk upaya penghematan penggunaan BBM pada kendaraan harian.
Teknik berkendara Eco Riding akan membantu upaya pengendara sepeda motor dalam melakukan penghematan bahan bakar. Dalam penerapannya, banyak manfaat yang didapat oleh pengendara sepeda motor. Selain mampu menekan angka konsumsi bahan bakar, juga berpengaruh pada pelestarian lingkungan hidup.
Eco Riding merupakan cara berkendara yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Penerapan teknik Eco Riding juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang (CO2) dimana selama ini kendaraan bermotor jadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar.
Menariknya, teknik ini menggabungkan aspek keahlian berkendara yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor yaitu Defensive Riding yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Riding yang mengutamakan teknik berkendara aman dan selalu berfikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.
Kini, pengendara sepeda motor akan sangat dimudahkan untuk melakukan penghematan bbm dengan menerapkan teknik Eco Riding karena adanya fitur Eco Riding Indicator pada panel meter.
Memanfaatkan Fitur Eco Indicator
- Putarlah slongsong gas secara perlahan saat akan memulai perjalanan. Memulai perjalanan dengan akselerasi tinggi dengan memutar gas secara tiba-tiba hanya akan membuat konsumsi bahan bakar berlebih.
- Jaga putaran mesin pada rpm optimal dan jangan bebani mesin sepeda motor bekerja pada rpm tinggi sehingga pemakaian bbm jadi lebih optimal.
- Bekendaralah dengan kecepatan konstan. Perhatikan nyala lampu eco riding indicator untuk menemukan kecepatan dan putaran mesin ideal sehingga konsumsi bbm jadi lebih efisien. Jika lampu menyala semakin terang maka pemakaian BBM semakin irit.
- Jaga jarak aman dengan pengendara di depan untuk menghindari terjadinya pengereman mendadak atau tabrakan.
Selain pemanfaatan fitur Eco Riding Indicator, penghematan konsumsi bbm juga bisa dilakukan melakukan beberapa langkah lain, diantaranya:
Servis Secara Berkala
Melakukan servis dan mengganti oli mesin sepeda motor secara rutin, akan membuat kondisi sepeda motor tetap prima dan performa mesin tetap terjaga. Hal ini akan membuat kinerja mesin lebih optimal dan proses pembakaran bbm jadi lebih sempurna.
Tidak Memodifikasi Berlebihan
Mengganti komponen tanpa menghiraukan batas toleransi, seperti mengganti ukuran ban lebih besar atau mengganti knalpot, akan memperberat kerja mesin. Semakin berat mesin bekerja, semakin banyak konsumsi bbm yang dibutuhkan.
Jangan lupa untuk selalu utamakan keselamatan berkendara dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang dianjurkan, selalu waspada serta konsentrasi saat berkendara.
Servis sepeda motor secara berkala sesuai jadwal perawatan berkala agar sepeda motor tetap optimal ketika digunakan. Gunakan layanan kunjung atau booking servis untuk layanan bebas antri.
sumber: https://www.astra-honda.com/article/tips-4-berhemat-bbm-dengan-eco-riding
Cara Sederhana Bikin Motor Awet, Aman dan Nyaman
Sepeda motor menjadi kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai simbol gaya hidup bagi sebagian orang. Oleh karena itu, menjaga kondisi sepeda motor agar selalu prima dan terawat menjadi sangat penting. Namun sayangnya, banyak pengendara sepeda motor yang mengabaikan perawatan dan kebersihan sepeda motor mereka. Padahal, perawatan dan kebersihan yang baik dapat memperpanjang umur sepeda motor dan menjaga keselamatan pengendara. Artikel ini akan membahas pentingnya melakukan perawatan dan kebersihan sepeda motor secara rutin, serta memberikan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor.
Melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin di bengkel resmi jadi hal yang wajib dilakukan pengendara jika ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Selain itu, selalu menjaga kebersihan sepeda motor akan membuatnya jadi lebih awet, aman dan nyaman dikendarai.
Pasalnya, kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada bodi dan komponen sepeda motor bisa menjadi kerak yang berpotensi merusak cat bodi motor. Kerak juga berbahaya jika ada di bagian-bagian komponen sepeda motor yang mudah korosi.
Biasanya, karena alasan kesibukan atau ketidaktahuan banyak konsumen yang tidak begitu menghiraukan kondisi sepeda motornya. Di sisi lain, membawa barang berlebih dan sembarang meletakan barang di dalam bagasi juga berpotensi menimbulkan kerusakan.
Ada beberapa benda berpotensi menimbulkan bahaya pada sepeda motor jika tidak memperhatikan aspek kebersihan, seperti:
- Kain, plastik, kertas atau sejenisnya. Benda-benda tersebut adalah bahan mudah terbakar. Sangat berisiko jika tersangkut pada area pipa knalpot sepeda motor. Selain karena kecerobohan, benda-benda tersebut terselip karena dibawa oleh tikus ke sela-sela bagian dalam sepeda motor.
- Tidak menyimpan korek api dan benda lain yang terbuat dari logam seperti obeng, kaleng cat semprot (spray) dan lainnya pada box bagian depan atau di bagasi bawah jok. Hal ini sangat berisiko terjadi korsleting karena bagasi bawah jok motor berdekatan dengan battery (aki) khususnya untuk motor tipe sport.
Lakukan-langkah sesederhana ini dapat membuat motor lebih awet:
- Periksa rutin dan pastikan setiap bagian sepeda motor bersih dari benda-benda tersebut, khususnya pada area pipa knalpot, jok motor, dan boks depan. Jangan lupa untuk rutin mencuci sepeda motor.
- Perlu juga diperhatikan kebersihan area parkiran sepeda motor. Bersihkan secara rutin area parkir motor di garasi. Bila perlu, taburkan kapur barus di lantai untuk menghindari tikus berkeliaran di area parkiran dan masuk ke sela-sela sepeda motor.
- Satu hal lagi, jangan sembarang meletakan tools kit serta buku pedoman pemilik dan servis garansi pada bagasi bawah jok. Simpanlah di tempat yang telah disediakan pada bagian bawah jok.
Dengan melakukan beberapa hal sederhana di atas, sepeda motor akan lebih awet, aman dan nyaman dikendarai. Lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan oleh mekanik berpengalaman. Manfaatkan layanan booking service untuk bebas antri. Info selengkapnya mengenai layanan servis kami bisa didapatkan dengan klik link ini.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/cara-sederhana-bikin-motor-awet-aman-dan-nyaman
Ketahui Habit Cari Aman untuk Hindari Potensi Bahaya Berkendara
Seringkali bikers berada dalam potensi bahaya berkendara karena habit atau kebiasaan berulang yang dilakukan dengan tanpa sadar, contohnya bikers yang membelok atau merubah arah tanpa memberikan signal atau sein sebagai tanda belok. Tentu saja menyebabkan pengendara lain dibelakangnya menjadi salah antisipasi yang berpotensi berujung bahaya bahkan kecelakaan.
Hal lain yang kerap kali terjadi, kebiasaan berulang yang tidak terasa bila dilakukan, yaitu meletakkan satu atau dua jemari tangan kanan diatas tuas rem depan dengan tujuan bersiaga. Kebiasaan ini pada kondisi tertentu mengandung resiko yang cukup fatal. Pada kondisi tertentu terutama panik saat ada kendaraan berhenti secara tiba – tiba didepan dan harus segera menghindar dengan menarik stang kanan, secara tidak sengaja karena posisi jemari diatas tuas rem maka tuas rem juga ikut ketarik sehingga seketika akan terjadi perubahan mendadak putaran roda depan, terjadi selip bahkan tergelincir saat permukaan aspal basah.
Kapan saat yang tepat untuk menggunakan rem depan atau rem belakang?
Saat kondisi berkendara membutuhkan mengurangi laju kecepatan secara bertahap atau hanya membutuhkan menjaga kesimbangan, disarankan bikers menggunakan rem belakang. Sedangkan penggunaan rem depan digunakan saat membutuhkan kecepatan kendaraan yang turun drastis dalam durasi yang pendek atau pengereman yang membutuhkan jarak lebih pendek. Dan menggunakan rem depan tanpa ABS tidak boleh langsung serta merta tekan tuas dengan kekuatan penuh, harus bertahap. Dengan latihan dan teknik mengelola tuas rem depan yang benar, maka pengendara bisa mengoptimalkan rem depan agar menghasilkan jarak mengerem yang pendek. Pengereman jarak pendek yang aman memiliki syarat yaitu harus memiliki ruang (lintasan lurus), harus memiliki grip ban (medan tidak licin) dan harus memiliki durasi (tidak mendadak).
Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Astra Motor Jateng memaparkan bahwa membuat Habit Cari Aman baiknya dimulai dari mengetahui teknik berkendara yang tepat, komitmen, latihan yang konsisten, dan lakukan terus menerus sehingga akan menjadi otomatisasi dalam diri.
“Ada kebiasaan salah yang kemudian menjadi habit sejak bikers memulai belajar berkendara sehingga sulit dihilangkan. Jangan menyerah, tetap berusaha dan pelajarilah habit Cari Aman berkendara yang benar karena mendukung keselamatan sebagai hal utama saat berkendara,” tegas Oke.
AHM Luncurkan Pelumas Skutik Honda Makin Hemat dan Tepat
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru berukuran 0,65L sesuai kebutuhan sepeda motor skutik Honda bermesin eSP 110cc generasi terbaru. Kehadiran kemasan baru ini semakin memudahkan konsumen dalam memilih pelumas yang lebih tepat untuk menghasilkan efesiensi bahan bakar, performa mesin maksimal, tahan lama dan mesin tahan terhadap termperatur tinggi.
AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dilengkapi Engine Protection Technology yang mampu menjaga mesin sepeda motor lebih awet sehingga biaya perawatan mesin sepeda motor yang lebih kompetitif. Pelumas dengan kemasan baru ini, hadir untuk sepeda motor skutik generasi terbaru yang diproduksi sejak 2021 seperti Honda BeAT, Honda Scoopy dan Honda Genio.
General Manager Part Division AHM Dheni Setiawan mengatakan kehadiran pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru ini semakin melengkapi pilihan konsumen dalam merawat sepeda motor kesayangannya. AHM pun tetap menyediakan pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dalam ukuran 0,8L untuk model skutik dan SPX1 dan MPX1 dalam ukuran 0,8L, 1L dan 1,2L untuk sepeda motor model sport dan cub Honda.
“Pelumas SPX2 dan MPX2 berukuran 0,65L hadir untuk menjawab kebutuhkan konsumen sepeda motor Honda yang membutuhkan pelumas yang lebih hemat namun tetap berteknologi tinggi. Kami berharap produk perawatan sepeda motor ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk konsumen dalam menjaga kinerja mesin dan tenaga mesin yang lebih optimal,” ujar Dheni.
Engine Protection Technology dalam AHM OIL memberikan konsumen banyak keuntungan seperti Honda Cleansing Agent untuk menjaga kerbersihan di dalam mesin, Honda Anti-Oxidant yang berfungsi melindungi pelumas dari proses oksidasi sehingga lebih tahan lama, Honda Visco Improver yang menjamin kekentalan pelumas AHM OIL selalu dalam kondisi stabil dan optimal di setiap kondisi suhu, dan Honda Smart Film untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin.
Pada varian pelumas SPX series, disematkan teknologi Fully Synthetic yang mengadopsi teknologi terbaru hydrocracked-isomerized, membuat pelumas varian ini lebih unggul dalam kualitas dan kemampuan melindungi mesin sepeda motor Honda. Dengan menggunakan teknologi hydrocrack, varian ini meminimalkan proses oksidasi di dalam mesin dan menjaga suhu mesin tetap dingin. Keseluruhan teknologi pada AHM OIL mendukung performa maksimal sehingga penggunaan bahan bakar semakin efisien.
Harga AHM Oil
AHM OIL terbaru saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 49.000,- untuk AHM OIL MPX2 0,65L dan untuk SPX2 dengan kemasan 0,65L hadir dengan harga Rp. 60.000,-.
Oil System Cleaner
Selain meluncurkan kemasan pelumas 0,65L, AHM juga mulai memasarkan Oil System Cleaner untuk menjaga kebersihan jalur pelumas mesin sehingga perfoma kinerja sepeda motor Honda tetap dalam kondisi optimal. Oil System Cleaner dapat digunakan pada seluruh tipe sepeda motor Honda yang dipasarkan saat ini.
Dalam menemani perawatan mesin yang lebih maksimal, Oil System Cleaner hadir dengan kandungan Powerful Cleansing Agent yang membantu mengurangi potensi timbunan endapan (oil sludge) di jalur pelumas yang menyebabkan keausan mesin prematur, overheat pada mesin sehingga konsumsi bahan bakar meningkat. Produk ini dihasilkan melalui riset panjang, tidak mengandung Solvent yang dapat berpotensi membuat karet (Seal) pada mesin berubah bentuk yang berpotensi menimbulkan kebocoran pelumas.
Satu kemasan Oil System Cleaner dapat digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas pelumas mesin hingga 1,2 liter. Penggunaan dapat dilakukan sebelum penggantian pelumas mesin dengan menuangkan cairan Oil System Cleaner ke dalam lubang pengisian pelumas mesin. Selanjutnya, konsumen dapat menyalakan mesin dalam kondisi idle (stasioner) selama 10 menit, lalu buang cairan OIL System Cleaner beserta sisa oil lama yang telah digunakan melalui lubang pembuangan pelumas.
Harga Oil System Cleaner
Oil System Cleaner saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 30.000,-.
sumber: https://www.astra-honda.com/article/ahm-luncurkan-pelumas-skutik-honda-makin-hemat-dan-tepat
Benefit Menggunakan Kupon Perawatan Berkala
Setiap konsumen yang membeli sepeda motor Honda baru akan mendapatkan Kupon Perawatan Berkala (KPB) yang merupakan salah satu keuntungan untuk Konsumen.
KPB merupakan fasilitas yang diberikan kepada pengguna motor Honda untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda yang dimiliki. Kupon ini hanya berlaku sesuai jadwal yang tercantum pada kolom keterangan table yang ada di dalam buku pedoman pemilik dan garansi (BPPG).
Konsumen juga akan mendapat benefit lain ketika menggunakan kupon perawatan berkala sesuai jadwal, diantaranya:
1. Mesin Sepeda Motor Terawat
Jadwal perawatan berkala telah dibuat sesuai jenis sepeda motor yang konsumen miliki. Hal tersebut bertujuan agar performa mesin tetap terjaga dan keselamatan ketika berkendara juga tetap aman.
2. Garansi Sepeda Motor Tidak Gugur
Melakukan servis berkala sesuai jadwal di bengkel AHASS merupakan salah satu syarat agar garansi sepeda motor tidak gugur. Karena setiap perawatan berkala di AHASS, motor konsumen akan diperiksa langsung oleh Teknisi ahli sesuai standar Honda.
3. Mendapatkan Gratis Oli dan Biaya Servis
Setidaknya, konsumen sepeda motor baru Honda akan mendapatkan 4 KPB dimana masing-masing KPB terdapat benefit berbeda. KPB 1 bisa digunakan maksimal 1.000 KM atau 2 bulan sejak pembelian kendaraan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Benefit yang didapat pada KPB 1 adalah gratis jasa service dan gratis oli. Sedangkan KPB 2, 3 dan 4* konsumen akan mendapatkan gratis biaya jasa servis di AHASS.
Jadi, selain mendapatkan sepeda motor Honda impian, konsumen juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Jangan lupa untuk servis secara teratur sesuai jadwal perawatan berkala, akan tetapi apabila sepeda motor dirasa ketika digunakan tidak dalam kondisi yang baik bawalah ke AHASS terdekat untuk dilakukan pemeriksaan segera, supaya kondisi dan performa sepeda motor selalu optimal. Gunakan juga layanan booking servis atau layanan kunjung untuk memudahkan perawatan sepeda motor Honda.
Bagi Anda yang sudah memiliki sepeda motor Honda, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari Kupon Perawatan Berkala (KPB). Pastikan untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda Anda secara teratur agar performanya tetap optimal dan garansi tetap berlaku.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/benefit-menggunakan-kupon-perawatan-berkala
Cara Sederhana Bikin Motor Awet, Aman dan Nyaman
Sepeda motor menjadi kendaraan yang sangat populer di Indonesia. Tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai simbol gaya hidup bagi sebagian orang. Oleh karena itu, menjaga kondisi sepeda motor agar selalu prima dan terawat menjadi sangat penting. Namun sayangnya, banyak pengendara sepeda motor yang mengabaikan perawatan dan kebersihan sepeda motor mereka. Padahal, perawatan dan kebersihan yang baik dapat memperpanjang umur sepeda motor dan menjaga keselamatan pengendara. Artikel ini akan membahas pentingnya melakukan perawatan dan kebersihan sepeda motor secara rutin, serta memberikan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan oleh pengendara sepeda motor.
Melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara rutin di bengkel resmi jadi hal yang wajib dilakukan pengendara jika ingin sepeda motornya selalu dalam kondisi prima. Selain itu, selalu menjaga kebersihan sepeda motor akan membuatnya jadi lebih awet, aman dan nyaman dikendarai.
Pasalnya, kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada bodi dan komponen sepeda motor bisa menjadi kerak yang berpotensi merusak cat bodi motor. Kerak juga berbahaya jika ada di bagian-bagian komponen sepeda motor yang mudah korosi.
Biasanya, karena alasan kesibukan atau ketidaktahuan banyak konsumen yang tidak begitu menghiraukan kondisi sepeda motornya. Di sisi lain, membawa barang berlebih dan sembarang meletakan barang di dalam bagasi juga berpotensi menimbulkan kerusakan.
Ada beberapa benda berpotensi menimbulkan bahaya pada sepeda motor jika tidak memperhatikan aspek kebersihan, seperti:
- Kain, plastik, kertas atau sejenisnya. Benda-benda tersebut adalah bahan mudah terbakar. Sangat berisiko jika tersangkut pada area pipa knalpot sepeda motor. Selain karena kecerobohan, benda-benda tersebut terselip karena dibawa oleh tikus ke sela-sela bagian dalam sepeda motor.
- Tidak menyimpan korek api dan benda lain yang terbuat dari logam seperti obeng, kaleng cat semprot (spray) dan lainnya pada box bagian depan atau di bagasi bawah jok. Hal ini sangat berisiko terjadi korsleting karena bagasi bawah jok motor berdekatan dengan battery (aki) khususnya untuk motor tipe sport.
Lakukan-langkah sesederhana ini dapat membuat motor lebih awet:
- Periksa rutin dan pastikan setiap bagian sepeda motor bersih dari benda-benda tersebut, khususnya pada area pipa knalpot, jok motor, dan boks depan. Jangan lupa untuk rutin mencuci sepeda motor.
- Perlu juga diperhatikan kebersihan area parkiran sepeda motor. Bersihkan secara rutin area parkir motor di garasi. Bila perlu, taburkan kapur barus di lantai untuk menghindari tikus berkeliaran di area parkiran dan masuk ke sela-sela sepeda motor.
- Satu hal lagi, jangan sembarang meletakan tools kit serta buku pedoman pemilik dan servis garansi pada bagasi bawah jok. Simpanlah di tempat yang telah disediakan pada bagian bawah jok.
Dengan melakukan beberapa hal sederhana di atas, sepeda motor akan lebih awet, aman dan nyaman dikendarai. Lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor di bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan oleh mekanik berpengalaman. Manfaatkan layanan booking service untuk bebas antri. Info selengkapnya mengenai layanan servis kami bisa didapatkan dengan klik link ini.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/cara-sederhana-bikin-motor-awet-aman-dan-nyaman
Ketahui Habit Cari Aman untuk Hindari Potensi Bahaya Berkendara
Seringkali bikers berada dalam potensi bahaya berkendara karena habit atau kebiasaan berulang yang dilakukan dengan tanpa sadar, contohnya bikers yang membelok atau merubah arah tanpa memberikan signal atau sein sebagai tanda belok. Tentu saja menyebabkan pengendara lain dibelakangnya menjadi salah antisipasi yang berpotensi berujung bahaya bahkan kecelakaan.
Hal lain yang kerap kali terjadi, kebiasaan berulang yang tidak terasa bila dilakukan, yaitu meletakkan satu atau dua jemari tangan kanan diatas tuas rem depan dengan tujuan bersiaga. Kebiasaan ini pada kondisi tertentu mengandung resiko yang cukup fatal. Pada kondisi tertentu terutama panik saat ada kendaraan berhenti secara tiba – tiba didepan dan harus segera menghindar dengan menarik stang kanan, secara tidak sengaja karena posisi jemari diatas tuas rem maka tuas rem juga ikut ketarik sehingga seketika akan terjadi perubahan mendadak putaran roda depan, terjadi selip bahkan tergelincir saat permukaan aspal basah.
Kapan saat yang tepat untuk menggunakan rem depan atau rem belakang?
Saat kondisi berkendara membutuhkan mengurangi laju kecepatan secara bertahap atau hanya membutuhkan menjaga kesimbangan, disarankan bikers menggunakan rem belakang. Sedangkan penggunaan rem depan digunakan saat membutuhkan kecepatan kendaraan yang turun drastis dalam durasi yang pendek atau pengereman yang membutuhkan jarak lebih pendek. Dan menggunakan rem depan tanpa ABS tidak boleh langsung serta merta tekan tuas dengan kekuatan penuh, harus bertahap. Dengan latihan dan teknik mengelola tuas rem depan yang benar, maka pengendara bisa mengoptimalkan rem depan agar menghasilkan jarak mengerem yang pendek. Pengereman jarak pendek yang aman memiliki syarat yaitu harus memiliki ruang (lintasan lurus), harus memiliki grip ban (medan tidak licin) dan harus memiliki durasi (tidak mendadak).
Oke Desiyanto selaku Senior Instruktur Astra Motor Jateng memaparkan bahwa membuat Habit Cari Aman baiknya dimulai dari mengetahui teknik berkendara yang tepat, komitmen, latihan yang konsisten, dan lakukan terus menerus sehingga akan menjadi otomatisasi dalam diri.
“Ada kebiasaan salah yang kemudian menjadi habit sejak bikers memulai belajar berkendara sehingga sulit dihilangkan. Jangan menyerah, tetap berusaha dan pelajarilah habit Cari Aman berkendara yang benar karena mendukung keselamatan sebagai hal utama saat berkendara,” tegas Oke.
AHM Luncurkan Pelumas Skutik Honda Makin Hemat dan Tepat
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru berukuran 0,65L sesuai kebutuhan sepeda motor skutik Honda bermesin eSP 110cc generasi terbaru. Kehadiran kemasan baru ini semakin memudahkan konsumen dalam memilih pelumas yang lebih tepat untuk menghasilkan efesiensi bahan bakar, performa mesin maksimal, tahan lama dan mesin tahan terhadap termperatur tinggi.
AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dilengkapi Engine Protection Technology yang mampu menjaga mesin sepeda motor lebih awet sehingga biaya perawatan mesin sepeda motor yang lebih kompetitif. Pelumas dengan kemasan baru ini, hadir untuk sepeda motor skutik generasi terbaru yang diproduksi sejak 2021 seperti Honda BeAT, Honda Scoopy dan Honda Genio.
General Manager Part Division AHM Dheni Setiawan mengatakan kehadiran pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru ini semakin melengkapi pilihan konsumen dalam merawat sepeda motor kesayangannya. AHM pun tetap menyediakan pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dalam ukuran 0,8L untuk model skutik dan SPX1 dan MPX1 dalam ukuran 0,8L, 1L dan 1,2L untuk sepeda motor model sport dan cub Honda.
“Pelumas SPX2 dan MPX2 berukuran 0,65L hadir untuk menjawab kebutuhkan konsumen sepeda motor Honda yang membutuhkan pelumas yang lebih hemat namun tetap berteknologi tinggi. Kami berharap produk perawatan sepeda motor ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk konsumen dalam menjaga kinerja mesin dan tenaga mesin yang lebih optimal,” ujar Dheni.
Engine Protection Technology dalam AHM OIL memberikan konsumen banyak keuntungan seperti Honda Cleansing Agent untuk menjaga kerbersihan di dalam mesin, Honda Anti-Oxidant yang berfungsi melindungi pelumas dari proses oksidasi sehingga lebih tahan lama, Honda Visco Improver yang menjamin kekentalan pelumas AHM OIL selalu dalam kondisi stabil dan optimal di setiap kondisi suhu, dan Honda Smart Film untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin.
Pada varian pelumas SPX series, disematkan teknologi Fully Synthetic yang mengadopsi teknologi terbaru hydrocracked-isomerized, membuat pelumas varian ini lebih unggul dalam kualitas dan kemampuan melindungi mesin sepeda motor Honda. Dengan menggunakan teknologi hydrocrack, varian ini meminimalkan proses oksidasi di dalam mesin dan menjaga suhu mesin tetap dingin. Keseluruhan teknologi pada AHM OIL mendukung performa maksimal sehingga penggunaan bahan bakar semakin efisien.
Harga AHM Oil
AHM OIL terbaru saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 49.000,- untuk AHM OIL MPX2 0,65L dan untuk SPX2 dengan kemasan 0,65L hadir dengan harga Rp. 60.000,-.
Oil System Cleaner
Selain meluncurkan kemasan pelumas 0,65L, AHM juga mulai memasarkan Oil System Cleaner untuk menjaga kebersihan jalur pelumas mesin sehingga perfoma kinerja sepeda motor Honda tetap dalam kondisi optimal. Oil System Cleaner dapat digunakan pada seluruh tipe sepeda motor Honda yang dipasarkan saat ini.
Dalam menemani perawatan mesin yang lebih maksimal, Oil System Cleaner hadir dengan kandungan Powerful Cleansing Agent yang membantu mengurangi potensi timbunan endapan (oil sludge) di jalur pelumas yang menyebabkan keausan mesin prematur, overheat pada mesin sehingga konsumsi bahan bakar meningkat. Produk ini dihasilkan melalui riset panjang, tidak mengandung Solvent yang dapat berpotensi membuat karet (Seal) pada mesin berubah bentuk yang berpotensi menimbulkan kebocoran pelumas.
Satu kemasan Oil System Cleaner dapat digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas pelumas mesin hingga 1,2 liter. Penggunaan dapat dilakukan sebelum penggantian pelumas mesin dengan menuangkan cairan Oil System Cleaner ke dalam lubang pengisian pelumas mesin. Selanjutnya, konsumen dapat menyalakan mesin dalam kondisi idle (stasioner) selama 10 menit, lalu buang cairan OIL System Cleaner beserta sisa oil lama yang telah digunakan melalui lubang pembuangan pelumas.
Harga Oil System Cleaner
Oil System Cleaner saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 30.000,-.
sumber: https://www.astra-honda.com/article/ahm-luncurkan-pelumas-skutik-honda-makin-hemat-dan-tepat
Benefit Menggunakan Kupon Perawatan Berkala
Setiap konsumen yang membeli sepeda motor Honda baru akan mendapatkan Kupon Perawatan Berkala (KPB) yang merupakan salah satu keuntungan untuk Konsumen.
KPB merupakan fasilitas yang diberikan kepada pengguna motor Honda untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda yang dimiliki. Kupon ini hanya berlaku sesuai jadwal yang tercantum pada kolom keterangan table yang ada di dalam buku pedoman pemilik dan garansi (BPPG).
Konsumen juga akan mendapat benefit lain ketika menggunakan kupon perawatan berkala sesuai jadwal, diantaranya:
1. Mesin Sepeda Motor Terawat
Jadwal perawatan berkala telah dibuat sesuai jenis sepeda motor yang konsumen miliki. Hal tersebut bertujuan agar performa mesin tetap terjaga dan keselamatan ketika berkendara juga tetap aman.
2. Garansi Sepeda Motor Tidak Gugur
Melakukan servis berkala sesuai jadwal di bengkel AHASS merupakan salah satu syarat agar garansi sepeda motor tidak gugur. Karena setiap perawatan berkala di AHASS, motor konsumen akan diperiksa langsung oleh Teknisi ahli sesuai standar Honda.
3. Mendapatkan Gratis Oli dan Biaya Servis
Setidaknya, konsumen sepeda motor baru Honda akan mendapatkan 4 KPB dimana masing-masing KPB terdapat benefit berbeda. KPB 1 bisa digunakan maksimal 1.000 KM atau 2 bulan sejak pembelian kendaraan, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Benefit yang didapat pada KPB 1 adalah gratis jasa service dan gratis oli. Sedangkan KPB 2, 3 dan 4* konsumen akan mendapatkan gratis biaya jasa servis di AHASS.
Jadi, selain mendapatkan sepeda motor Honda impian, konsumen juga akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya. Jangan lupa untuk servis secara teratur sesuai jadwal perawatan berkala, akan tetapi apabila sepeda motor dirasa ketika digunakan tidak dalam kondisi yang baik bawalah ke AHASS terdekat untuk dilakukan pemeriksaan segera, supaya kondisi dan performa sepeda motor selalu optimal. Gunakan juga layanan booking servis atau layanan kunjung untuk memudahkan perawatan sepeda motor Honda.
Bagi Anda yang sudah memiliki sepeda motor Honda, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari Kupon Perawatan Berkala (KPB). Pastikan untuk menjaga dan merawat sepeda motor Honda Anda secara teratur agar performanya tetap optimal dan garansi tetap berlaku.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/benefit-menggunakan-kupon-perawatan-berkala
Pentingnya Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor
Setiap sepeda motor yang baru dibeli oleh konsumen, pasti disertakan pula Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor serta beberapa kelengkapan lainnya seperti helm standar Honda, satu set toolkit dan lainnya.
Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor tersebut berfungsi untuk memberikan berbagai informasi tentang bagian-bagian sepeda motor, waktu perawatan berkala, garansi kerusakan dan service serta berbagai informasi penting lainnya.
Informasi yang lengkap membuat buku tersebut memiliki halaman yang banyak. Sebagian besar berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Meski memiliki fungsi serta manfaat penting bagi konsumen agar pemilik kendaraan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dan dapat dilakukan sebelum berkendara hingga setelah berkendara, kadang Buku Pedoman Pemilik & Garansi Sepeda Motor sering dianggap enteng.
Nah, berikut beberapa hal yang dapat diketahui melalui buku panduan pemilik dan garansi:
1. Petunjuk Aman Berkendara
Untuk meningkatkan keamanan berkendara, dalam buku tersebut terdapat informasi panduan berkendara yang perlu diperhatikan seperti penggunaan helm, kesehatan fisik, kewaspadaan dan lain sebagainya.
Hal-hal tersebut dijelaskan di dalam buku panduan pemilik pada halaman awal.
2. Jaminan Garansi dan Petunjuk Perawatan
Dalam buku Servis dan Garansi memberikan informasi tentang jaminan garansi dan petunjuk perawatan berkala yang efektif dan efisien. Untuk menunjang performa sepeda motor agar tetap optimal ketika digunakan.
Dengan mengukuti petunjuk perawatan yang tertera dalam buku tersebut, Honda menjamin kualitas sepeda motor akan selalu dalam performa terbaiknya.
3. Syarat dan Ketentuan Garansi Sepeda Motor
Setiap sepeda motor Honda yang baru dibeli oleh konsumen telah dijamin kualitasnya. Karena itu Honda memberikan garansi perbaikan dan penggantian suku cadang jika terjadi kerusakan selama masa garansi.
Di bagian ini, dijelaskan bagian-bagian sepeda motor yang dijamin oleh Honda serta hal-hal apa saja yang mengakibatkan garansi sepeda motor baru Honda tidak berlaku.
4. Cara Klaim Garansi
Di bagian ini, dalam buku tersebut dijelaskan langkah-langkah mendapatkan klaim garansi dalam bentuk ilustrasi gambar dan tulisan.
Selain itu, di bagian ini juga dijelaskan bagaimana jika part atau komponen yang akan diganti tidak tersedia di bengkel resmi Honda yang didatangi.
5. Cara Mengatasi Masalah yang Mungkin Terjadi
Hal-hal yang tidak diperediksi ketika berkendara sepeda motor mungkin saja dapat terjadi yang diakibatkan oleh hal internal ataupun eksternal, sehingga pengendara perlu mengetahui bagaimana cara untuk menghadapi hal-hal tak terduga terjadi.
Pada buku pedoman pemilik diinformasikan beberapa masalah yang mungkin terjadi dan cara menanggulanginya. Contohnya seperti ketika mesin tidak dapat dihidupkan, panas berlebih pada mesin, indicator peringatan menyala atau berkedip dan indikasi peringatan lainnya.
Selain informasi di atas, masih banyak informasi yang ada di dalam buku pedoman pemilik untuk pengendara. Jadi bacalah dengan seksama, simpan di tempat yang mudah ditemui serta bawalah buku tersebut saat melakukan service berlaka di bengkel AHASS terdekat.
Jangan lupa untuk mempercayakan perawatan sepeda motor Honda mu di AHASS, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya serta sparepart yang digunakan 100% asli. Gunakan layanan booking servis dan layanan kunjung agar bebas antri.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/pentingnya-buku-pedoman-pemilik-garansi-sepeda-motor
Tips Memilih Helm Yang Nyaman Untuk Pengendara
Menjadi pengendara sepeda motor di Indonesia adalah suatu tanggung jawab besar. Karena itu, penting untuk memahami dan memenuhi kewajiban hukum dan tata cara berkendara yang benar. Salah satu kewajiban hukum tersebut adalah menggunakan helm saat berkendara. Helm bertujuan untuk melindungi kepala dan mencegah terjadinya benturan pada saat kecelakaan.
Oleh karena itu, sangat penting bagi pengendara untuk memilih helm yang nyaman. Berikut tips #Cari_aman dalam memilih helm.
1. Sesuai dengan ukuran kepala
Ukuran helm biasanya ditentukan berdasarkan ukuran kepala, misalnya ukuran S untuk kepala 55-56 cm, ukuran M untuk kepala 57-58 cm, ukuran L untuk kepala 59-60 cm, dan ukuran XL untuk kepala 61-62 cm. Jangan ragu untuk meminta bantuan petugas toko untuk memastikan ukuran yang sesuai.
2. Berisi logo SNI
Selain itu, pengendara juga harus memastikan bahwa helm yang dipilih memiliki logo SNI yang benar-benar terpampang pada helm, bukan merupakan stiker atau cat. Ini untuk memastikan bahwa helm yang dipakai sudah memenuhi standar nasional Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional. Helm yang sudah memenuhi standar ini memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi dan memastikan bahwa pengendara akan merasa lebih aman saat berkendara.
3. Jangan lupa klik helm saat berkendara
Pengendara juga harus memastikan bahwa helm sudah terklik dengan benar saat berkendara. Ini akan memastikan bahwa helm tidak akan terlepas saat terjadi kecelakaan.
4. Pilihlah visor bening atau double visor
Pilihlah helm lengkap dengan visor yang tepat untuk kebutuhan berkendara siang maupun malam. Visor yang bening akan membantu pengendara melihat jalan dengan jelas, sementara visor double akan membantu melindungi mata dari sinar matahari dan debu.
5. Perhatikan masa waktu penggunaan helm
Waktu penggunaan helm biasanya berkisar 2-3 tahun, tergantung kondisi. Namun, jika waktu penggunaan lebih dari 3 tahun, kekuatan dan kualitas helm akan menurun. Oleh karena itu, pengendara harus memperhatikan waktu penggunaan helm dan menggantinya jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan.
6. Dapatkan helm ber-SNI terbaik di dealer Honda
Untuk memperoleh helm SNI terbaik dan keren, pengendara dapat mengunjungi dealer-dealer Honda yang terdekat.
Menurut Team Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius, helm memiliki fungsi yang sangat penting dan jangan asal-asalan saat memilih helm. Menggunakan helm jangan kebesaran atau kekecilan karena akan membuat perlindungannya kurang maksimal. Untuk itu pastikan helm yang dipilih adalah helm yang memiliki label SNI.
Ini Cara Menjaga Kualitas Aki Agar Tahan Lama
Sepeda motor memiliki banyak sekali komponen yang harus kita perhatikan, tidak hanya proses mesin dan bahan bakar saja. Salah satu komponen penting yang menjadi jantung dari motor adalah Battery atau yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan aki. Semua motor matic Honda merupakan motor injeksi yang 85% sumber tenaganya berasal dari aki dan sisanya berasal dari tenaga mesin motor. Sehingga menjaga kesehatan battery/ aki motor sudah menjadi salah satu prioritas untuk pengguna motor matic sendiri. Beberapa tanda apabila aki sudah mulai melemah adalah dengan starter yang lemah, kedipan lampu sein melambat, suara klakson kecil, bahkan layar speedometer menjadi buram atau mati total.
Untuk jenis Battery/ aki sendiri terdapat 2 jenis, yakni
- Aki basah: Aki ini masih terdapat cairan yang digunakan untuk menghantarkan arus listrik yang dihasilkan oleh cell-cell aki sehingga dapat digunakan oleh mesin untuk menjalankan dan menyalakan kelistrikan motor. Ketinggian untuk cairan yang berada di dalam aki basah ini harus dijaga pada batas minimal tertentu.
- Aki kering: Jenis aki ini tidak menggunakan cairan lagi sehingga meminimalisir untuk perawatan aki, bahkan aki kering sering disebut sebagai maintenance free. Akan tetapi, aki kering ini memiliki kekurangan pada umur aki, yakni hanya 1,5 tahun-2 tahun bergantung pada cara pemakaiannya. Apabila sudah mencapai umurnya, aki kering ini harus diganti karena memiliki proses yang rumit dan keterampilan yang tinggi.
Beberapa tips agar motor menjadi lebih awet dan tahan lama adalah sebagai berikut:
- Panaskan motor setiap hari
Dengan menyalakan motor setiap harinya (meskipun motor tidak dipakai) selama 10-15 menit, dapat membantu agar aki menjadi awet dan tahan lama karena dapat mendukung kelistrikan motor agar tetap dalam kondisi baik.
- Cek terminal aki
Untuk kedua terminal aki harus dipastikan dalam keadaan bersih. Apabila bagian terminal kotor atau berkerak, aliran listrik menjadi tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan aki menjadi cepat soak.
- Cek ketinggian aki
Untuk aki basah, pengguna harus sering melakukan pemeriksaaan pada ketinggian air aki. Air aki harus berada di batas minimal agar dapat menyalurkan listrik dengan baik. Apabila air aki terus dibawah batas, aki bisa mengalami penurunan performa dan menjadi rusak
- Hindari penggunaan aksesoris motor yang berlebihan
Penggunaan aksesoris motor yang menggunakan energi listrik secara berlebihan dapat menyebabkan aki mengalami penurunan performa dikarenakan tidak dapat meng-supply seluruh kebutuhan listrik motor dan aksesorisnya. Contoh aksesoris yang mengkonsumsi listrik adalah lampu-lampu hiasan, perangkat audio ataupun mengubah tipe klakson dari batas yang dianjurkan.
- Pastikan kunci kontak dalam keadaan mati apabila tidak digunakan
Pada saat mesin motor tidak menyala dan kunci kontak motor dalam keadaan menyala (on), maka motor akan mengambil daya aki untuk menyuplai kebutuhan listrik motornya. Apabila dilakukan secara terus menerus, aki motor akan cepat habis dan merusak kinerja aki motor.
Cara lain untuk membuat aki menjadi tahan lama adalah dengan mencharge aki di AHASS terdekat apabila aki sudah berada dibawah 12,4V. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mencharge aki bukanlah solusi ketika aki sudah mencapai umurnya. Apabila aki sudah mencapai umurnya, maka aki tetap harus diganti untuk memaksimalkan performanya.
Astra Motor Kalbar Hadirkan Honda Care, Layanan Servis Motor Honda dari Rumah
Honda Care merupakan layanan yang memungkinkan perawatan sepeda motor Honda dari rumah serta penanganan darurat sepeda motor jika konsumen mengalami hal tidak terduga di jalan raya.
Melengkapi layanan Motorku X, Astra Motor memberi pelayanan melalui Honda Customer Care. Layanan ini merupakan layanan tambahan yang terdapat pada aplikasi Motorku X.
Gangguan saat mengendarai sepeda motor kesayangan terkadang harus dihadapi di tengah perjalanan. Sebagian besar pengguna motor pun terkadang bingung ketika menghadapi kondisi tersebut.
Adapun bentuk penanganannya seperti ban bocor, rantai putus, motor mogok, kunci kontak rusak, rem bermasalah, jok tidak bisa dibuka, vbelt putus, oli bocor dan lain sebagainya.
Layanan Honda Care hadir untuk memberikan kemudahan kepada konsumen setia sepeda motor Honda. Terutama bagi konsumen yang tak memiliki waktu pergi melakukan servis ke bengkel AHASS.
Astra Motor Kalimantan Barat sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Kalbar terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen setianya. Hal ini ditunjukkan dengan menghadirkan layanan Honda Care untuk wilayah Pontianak dan sekitarnya
Manager Honda Customer Care Astra Motor Kalimantan Barat, Andre Widya Kurnia, mengungkapkan bahwa layanan ini hadir untuk mempermudah konsumen dalam melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motornya diberbagai kondisi. Melengkapi layanan servis kunjung bengkel keliling, kini dihadirkan pula layanan road emergency sebagai bagian dari Honda CARE. Jika konsumen mengalami kendala di jalan raya dengan sepeda motor Honda-nya, Honda CARE siap membantu konsumen setia Honda.
Andre menjelaskan, untuk menikmati layanan tersebut, konsumen cukup menghubungi customer care Astra Motor Kalimantan barat melalui hotline 0811-5696-222 melalui SMS ataupun telepon. Petugas layanan Honda CARE akan datang untuk membantu menyelesaikan kendala pada sepeda motor konsumen. Biaya jasa untuk layanan ini gratis, sehingga konsumen cukup membayar biaya suku cadang jika dilakukan penggantian.
"Di tengah kesibukan dan mobilitas konsumen setia motor Honda, masih ada risiko terjadinya kendala pada sepeda motor sehingga perjalanannya terganggu. Oleh karena itu kami ingin menghadirkan sebuah layanan yang dapat hadir dalam berbagai kondisi, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun," ungkap Andre.
Untuk mempermudah konsumen dalam mengakses layanan ini, selain melalui hotline customer care Astra Motor Kalbar, konsumen juga dapat mengakses melalui aplikasi Motorku X yang dapat diunduh di Google Play dan App Store. Honda CARE melayani konsumen mulai 08.00 hingga 15.00 WIB, Senin hingga Sabtu.
"Terima kasih kepada konsumen setia Honda yang telah menjadi motivasi bagi Astra Motor Kalimantan Barat untuk mengembangkan beragam jenis layanan sesuai kebutuhan konsumen saat ini," ucap Andre.
Cek Kondisi Ban Sebelum Touring #Cari_Aman
Ban adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor karena langsung bersentuhan dengan permukaan jalanan. Oleh karena itu ban motor perlu mendapat perhatian dan perawatan ekstra demi menjaga perjalanan kita untuk selamat sampai tujuan dan juga ban tetap awet selama di gunakan. Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjada kondisi ban agar tetap awet dan sehat.
“Jaga tekanan udara dalam ban, rutin lakukan penggantian angin lama ke yang baru, berkendara dengan safety dengan menghindari potensi benturan keras pada ban, dan seimbangkan beban pada motor agar beban yang bertumpu pada ban juga tetap seimbang,” jelas Satria.
1. Menjaga Tekanan Udara
Tekanan udara harus diperiksa sesuai dengan tipe motor, karena semakin tinggi cc motor semakin besar pula bobot/berat dari motor tersebut. Untuk matic - Depan: 29 psi (sendirian dan berboncengan) - Belakang: 33 psi (sendirian), 36 psi (berboncengan), untuk bebek- Depan: 29 psi (sendirian), 30 psi (berboncengan) - Belakang: 31 psi (sendirian), 33 psi (berboncengan) dan untuk sport - Depan: 32 psi (sendirian), 34 psi (berboncengan) - Belakang: 39 psi (sendirian), 41 psi (berboncengan).
2. Treatment ban
Setelah berkendara jangan lupa untuk melakukan pengecekan disekitar area ban dan bersihkan benda tajam atau kerikil yang nyangkut di ban gunannya menghindari kebocoran ban.
3. Hindari jalan dengan kondisi rusak
Jika memang mengharuskan untuk tetap melewati, harus lebih fokus untuk melihat area permukaan tanah/jalan yang tajam atau memiliki banyak kerikil tajam dan berkendara dengan pelan atau pada kecepatan 20 km/jam.
4. Over Use
Untuk sepeda motor memiliki batas maksimum beban yang dapat di tampung dari sepeda motor tersebut. Hindari berkendara melebihi batas maksimum yang sudah di tentukan karena akan mempengaruhi ban dan akan cepat rusak.
5. Pergantian angin dalam ban
Lakukan pergantian angin dalam ban secara berkala untuk menjaga kondisi ban sepeda motor tetap stabil dan tidak panas. Ada 2 opsi pemilihan angin ban yaitu angin biasa dan nitrogen. Untuk angin biasa, lakukan pengurasan angin setiap jarak tempuh 70-100 km sedangkan untuk nitrogen lakukan setiap 3 - 4 bulan.
6. Pengereman yang baik
Kondisi pengereman yang buruk akan membuat ban cepat rusak, seperti kondisi ban selip akan membuat ban terkikis saat melakukan pengereman. Lakukan pengereman dengan prediksi bahaya untuk memaksimalkan pengereman dan menghindari pengereman mendadak saat dijalan.
Oli yang Penting Pada Motor Matik
Pertumbuhan sepeda motor di Indonesia meningkat setiap tahunnya, berdasarkan data AISI sepeda motor matik mendominasi lebih dari 90%. Dominasi tersebut dikarenakan sepeda motor matik lebih mudah untuk dikendarai serta dan memiliki varian yang beragam sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebagai pengguna sepeda motor matik, konsumen disarankan mengetahui cara perawatan sepeda motor agar dapat memperpanjang umur motor, meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk menunjang pengalaman berkendara tetap menyenangkan.
Tips pertama yang harus diperhatikan para pengguna sepeda motor dalam perawatan motor kesayangan yaitu melakukan penggantian oli secara rutin yang berfungsi sebagai pelumas untuk pelindung komponen metal pada mesin yang bergesekan secara terus-menerus pada saat motor digunakan . Ada dua jenis oli yang wajib digunakan pada sepeda motor jenis matik, yaitu oli mesin dan oli transmisi atau biasa disebut oli gardan.. Perbedaan dari kedua jenis oli tersebut adalah bagian motor tempat oli digunakan, yaitu oli mesin bekerja sebagai pelumas pada bagian komponen mesin, sedangkan oli transmisi bekerja sebagai pelumas pada komponen gigi transmisi atau final reduction gear di sistem transmisi otomatis.
Berikut informasi mengenai oli mesin dan oli transmisi:
1. Oli Mesin
Ada 2 jenis oli mesin yang dibedakan pada sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization) yaitu JASO MA dan JASO MB.
JASO MA digunakan pada sepeda motor kopling basah (komponen kopling yang terendam oli mesin) seperti pada motor sport dan cub. Sedangkan JASO MB digunakan untuk sepeda motor kopling kering (komponen kopling tidak terendam oli mesin) seperti pada motor matic.
Selain itu, oli mesin juga memiliki standar kekentalan yang dituliskan dengan kode standar SAE (Society of Automotive Engineer) yang menjadi standard indeks kekentalan oli secara global. Oli mesin juga memiliki standar API (American Petroleum Institute), sebuah institusi yang mengatur penetapan kualitas tingkat kemampuan oli untuk menjaga performa mesin sehingga spesifikasi oli yang dipilih sesuai dengan jenis sepeda motor.
Sebagai contoh pada oli motor matic Honda MPX 2 dan SPX 2 yang memiliki spesifikasi SAE:10W-30, API-SL, JASO: MB.
Untuk interval penggantian oli, sebaiknya dilakukan setiap 1.500 – 2.000 km atau setiap 2 bulan sekali.
Tidak lupa pada setiap penggantian oli gunakanlah oil system cleaner atau engine flush untuk memastikan pembuangan oli lama berlangsung secara sempurna sehingga tidak menimbulkan endapan oli pada mesin dan gram-gram gesekkan mesin dapat terbuang secara sempurna.
2. Oli Transmisi atau Gardan
Oli transmisi hanya digunakan pada sepeda motor matik. Pada produk Honda Genuine Part terdapat 2 jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic.
Oli sintetik menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru untuk sepeda motor Honda yangmembuat pelumas mempunyai stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin atau pun panas. Oli transmisi berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.
Jadi penting untuk dipahami spesifikasi oli mesin dan transmisi untuk digunakan pada setiap tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Agar tidak salah dalam memilih spesifikasi oli, bawalah sepeda motor Honda kesayangan anda ke bengkel AHASS terdekat untuk medapatankan perawatan, dan suku cadang terbaik. Jangan lupa untuk memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis.
Ciri Kampas Kopling Yang Aus
Ketika kampas kopling mulai habis atau aus, beberapa ciri gejalanya akan langsung dirasakan oleh pengendara. Pasalnya, salah satu komponen dalam susunan konstruksi mesin sepeda motor ini memiliki fungsi penting dalam penyaluran tenaga yang dihasilkan mesin. Kampas kopling berperaan sebagai pemutus dan penyalur tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi. Jika kondisi kampas kopling mulai aus, proses penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi akan terganggu.
Dalam buku pedoman pemilik kendaraan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kopling setiap 12,000 km atau 12 bulan. Selain untuk mempertahankan performa mesin, pemeriksaan juga bertujuan untuk mengetahui kondisi kampas kopling, apakah masih dalam kondisi baik atau mulai habis. Selain masa pemakaian, gaya berkendara juga sangat memengaruhi kondisi dan usia pakai kampas kopling.
Berikut beberapa gelaja yang akan dirasakan langsung oleh pengendara saat kondisi kampas kopling mulai menipis atau aus:
- Akselerasi mesin melemah
Saat kampas kopling aus, tenaga tidak akan tersalur secara maksimal. Karena daya cengkram kampas saat proses penyaluran tenaga dari poros engkol ke poros input transmisi tidak maksimal. Akibatnya mesin motor terasa tak responsif di tiap posisi gear. Dalam kondisi ini, mesin dipaksa berputar lebih tinggi untuk menggerakkan motor. Dampak lainnya, motor akan sulit mencapai kecepatan maksimum serta konsumsi bahan bakar menjadi boros.
- Selip kopling
Gejala lain saat kampas kopling aus juga bisa dirasakan saat perpindahan gear yang sering mengalami selip atau mesin seperti kehilangan tenaga. Selain itu, sulit memindahkan gigi ke posisi netral juga bisa jadi salah satu indikasi kampas kopling mulai aus akibat kehilangan atau berkurangnya daya cengkram kampas pada plat gesek.
- Mesin cepat panas
Hilangnya daya cengkram kampas pada plat gesek membuat kedua komponen ini lebih sering bergesekan sehingga menimbulkan panas berlebih. Selain itu, panas juga bisa ditimbulkan oleh mesin yang selalu bekerja di putaran tinggi. Misalnya, dalam kondisi normal mesin bekerja 5000 rpm untuk mendapatkan kecepatan 60 km/jam. Tapi saat kampas kopling aus, mesin harus bekerja di 7000 rpm untuk mencapai kecepatan yang sama. Di sisi lain, saat kampas kopling habis putaran mesin akan terasa dan terdengar kasar saat dipacu pada kecepatan tinggi.
Jika salah satu atau ketiga gejala tersebut mulai dirasakan, segeralah lakukan pemeriksaan dan perbaikan ke jaringan bengkel resmi motor Honda terdekat. Jangan lupa juga yah untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala secara rutin di bengkel AHASS supaya sepeda motor selalu dalam kondisi prima.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/ciri-kampas-kopling-yang-aus
Fuse Pada Sepeda Motor
Fuse atau sekring pada sepeda motor berfungsi sebagai komponen pengaman sistem kelistrikan sepeda motor. Komponen ini bekerja memutus aliran listrik saat terjadi korsleting.
Korsleting aliran listrik pada sepeda motor bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti; kulit kabel sobek sehingga kawatnya menempel di rangka, atau akibat komponen kelistrikan tekena air. Saat korsleting terjadi, sekring akan terputus sehingga komponen kelistrikan tidak akan menyala.
Pada kasus terntentu, korsleting menyebabkan komponen kelistrikan motor terbakar akibat sekring tak bekerja sebagaimana mestinya. Biasanya, hal ini terjadi akibat salah menggunakan ukuran ampere sekring saat menggantinya dengan yang baru. Misalnya, sekring berkapasitas 10A diganti dengan 15A atau di atasnya.
Ada dua jenis sekring yang digunakan pada sepeda motor, yaitu sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).
Sekring Tabung (Tube Fuse)
Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sekring ini memudahkan pengendara atau mekanik melihat kondisinya putus atau tidak. Karena kawat pengamannya terbungkus oleh tabung kaca bening.
Sekring Tancap (Fuse Blade)
Sementara sekring tancap, digunakan pada kendaraan modern. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya dengan cara ditancapkan. Sekring ini harus dicabut dari dudukannya terlebih dahulu untuk melihat kondisinya putus atau tidak. Sekring tancap memiliki berbagai warna yang berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Berikut warna sekring tancap sesuai dengan spesifikasinya:
-
Oranye - 5 Ampere (A)
-
Merah - 10A
-
Biru - 15A
-
Kuning - 20A
-
Bening atau ungu - 25A
-
Hijau- 30A
Dengan sekring, rangkaian kelistrikan akan terjaga keamanannya jika terjadi hubungan arus pendek atau aliran arus listrik berlebih yang disebabkan oleh banyak faktor. Perlu diingat, perhatikan kapasitasnya ketika mengganti sekring lama dengan yang baru. Jangan sampai menggunakan sekring baru dengan kapasitas lebih tinggi karena memperbesar kemungkinan kerusakan pada sistem kelistrikan.
Sebagai langkah penengahan, pemilik sepeda motor perlu malakukan pemeriksaan dan perawatan berkala. Bawalah sepeda motor kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk medapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh oleh mekanik Honda berpengalaman.
Sumber: https://www.astra-honda.com/article/fuse-pada-sepeda-motor