motor, honda, ahass

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

motor, honda, ahass

Manfaat Perawatan Sepeda Motor

Seiring usia pakai komponen sepeda motor akan mengalami penurunan kinerja dan yang terburuk adalah mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan komponen baru. Kondisi akan lebih cepat terjadi jika pemilik sepeda motor tidak melakukan pemeriksaan dan perawatan secara teratur.

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala supaya seluruh komponen sepeda motor tetap bekerja dengan optimal.

Ada banyak manfaat yang akan didapat oleh pemilik sepeda motor jika melakukan pemeriksaan dan perawatan sepeda motornya secara teratur, seperti :

Memperpanjang Usia Motor

Pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor dapat membantu memperpanjang umur mesin. Ini termasuk mengganti oli secara teratur, membersihkan filter udara, serta mengecek seluruh bagian sepeda motor untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

Dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan secara teratur, pemilik sepeda motor bisa mengetahui bagian komponen mana saja yang mulai mengalami penurunan kinerja sehingga bisa mengurangi risiko kerusakan pada komponen vital dan menghindari biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

Tingkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Sepeda motor yang selalu mendapat perawatan rutin akan membuat performanya tetap optimal sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. 

Misalnya, membersihkan ujung elektroda busi yang kotor atau menggantinya dengan yang baru jika kondisi elektrodanya sudah aus. Atau memeriksa tekanan angin ban, apakah sudah sesuai dengan standar yang dianjurkan atau tidak.

Ketika setiap komponen sepeda motor selalu dalam kondisi optimal, maka sepeda motor akan mampu bekerja pada performa terbaiknya sehingga tak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Dengan begitu, penghematan uang dalam jangka panjang bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Mencegah Kerusakan Lebih Parah

Seringkali, masalah kecil pada motor dapat berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Dengan pemeriksaan dan perwatan rutin, masalah kecil yang berpotensi menjadi kerusakan bisa dicegah. 

Misalnya, memeriksa rem secara teratur dan mengganti kampas rem yang aus dapat mencegah keausan berlebih pada sistem rem.

Performa Tetap Optimal

Perawatan sepeda motor yang dilakukan secara rutin akan memastikan performa mesinnya tetap optimal. Membersihkan karburator, mengganti filter udara, serta mengontrol kelistrikan motor secara teratur akan membantu proses pembakaran di ruang mesin lebih sempurna sehingga tenaga performa mesin tetap optimal. 

Berkendara Jadi Lebih Aman dan Nyaman

Pemeriksaan dan perawatan sepeda motor juga sangat erat kaitannya dengan keamanan berkendara.

Misalnya, memeriksa sistem pengereman secara teratur dan mengganti rem yang aus akan membantu memastikan pengendara memiliki kendali penuh saat berkendara. Selain itu, memeriksa lampu dan sinyal pada motor juga penting untuk menjaga visibilitas dan memberi informasi kepada pengendara lain di sekitar.

Karena itu, jika seluruh komponen sepeda motor dalam keadaan baik akan memberikan pengalaman bekendara yang lebih aman dan nyaman. Maka lakukanlah pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel AHASS terdekat. Jangan ragu untuk berkonsultasi jika merasa ada bagian sepeda motor yang tidak berfungsi dengan baik.