Tips Perawatan Cat Bodi Doff Sepeda Motor

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

Tips Perawatan Cat Bodi Doff Sepeda Motor

Tips Perawatan Cat Bodi Doff Sepeda Motor

Merawat dan menjaga cat bodi motor berwarna doff tak sesulit yang dibayangkan. Langkah utamanya adalah menjaganya dari debu dan kotoran.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat bodi sepeda motor supaya warna cat tak cepat pudar : 

1. Jangan Langsung Dilap

Ketika bodi motor berwarna doff kotor, jangan langsung dilap dengan kanebo atau kain microfiber karena kotoran dan debu yang bergesekan pada bodi bisa membuat baret halus.

Untuk membersihkannya, siram dahulu seluruh bodi motor dengan air kemudian beri sabun pencuci motor. Setelah itu bilas dengan air bersih dan dilap dengan kain microfiber atau kanebo.

Perlu dicatat, Gunakanlah sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Jangan gunakan sabun yang mengandung deterjen karena bisa membuat cat motor cepat terlihat kusam.

2. Gunakan Sabun Khusus Cuci Motor

Salah menggunakan sabun cuci motor bisa membuat warna doff lebih mudah memudar atau kusam dibanding cat warna glossy. Karena itu gunakanlah sabun atau shampo khusus untuk mencuci motor, sebab sabun khusus pencuci motor memiliki kandungan PH netral yang tak mudah merusak lapisan cat.

3. Gunakan Cairan Poles Water Base

Cairan poles wáter base lebih aman bagi cat berwarna doff dan tidak menimbulkan efek glossy. Karena itu, carilah cairan atau treatment khusus untuk motor warna doff.

Karena cairan khusus warna doff biasanya membuat permukaan doff semakin tebal sehingga tekstur doffnya jadi semakin terlihat.

Cara membedakannya obat poles berbahan dasar air dan minyak cukup mudah, rasakan perbedaannya dengan jari atau telapak tangan. Jika tangan terasa licin bisa dipastikan obat poles itu menggunakan bahan dasar minyak. Tapi jika tidak terasa licin dan cepat menguap, itu artinya obat poles tersebut menggunakan bahan dasar air.

4. Gunakan Kain Berbahan Halus

Perlu diperhatikan juga, gunakan lap atau kain pencuci berbeda untuk mencuci bagian bawah seperti bagian roda dan mesin dengan bagian bodi motor. Tujuannya agar kotoran yang menempel di lap tidak merusak lapisan cat bodi sepeda motor. Kotoran halus yang menempel pada lap akan membuat garis-garis halus pada cat motor. 

Permukaan cat doff lebih kasar dari cat metalik atau glossy sehingga dibutuhkan kain yang halus dan lembut agar tak membuat cat tergores atau baret. Ingat, lap lah bodi motor saat dalam kondisi basah.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, warna cat bodi motor akan tetap terjaga. Jangan lupa juga ya, bawa motor Honda kesayangan ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari mekanik handal supaya motor selalu dalam kondisi optimal.

sumber: https://www.astra-honda.com/article/tips-perawatan-cat-bodi-doff-sepeda-motor