Pembinaan Kader Posyandu untuk Urban Farming #AMGreeners, Astra Motor Bali Bagikan Bibit Sayur

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

Pembinaan Kader Posyandu untuk Urban Farming #AMGreeners, Astra Motor Bali Bagikan Bibit Sayur

Pembinaan Kader Posyandu untuk Urban Farming #AMGreeners, Astra Motor Bali Bagikan Bibit Sayur

Pertanian perkotaan atau yang lebih dikenal sebagai Urban Farming merupakan jenis pertanian yang dilakukan dengan memanfaatkan ruang terbuka yang difungsikan sebagai lahan hijau untuk bercocok tanam. Jenis bercocok tanam ini muncul karena adanya keterbatasan ruang untuk bercocok tanam di perkotaan dibandingan dengan di pedesaan. Sehingga, terciptalah jenis pertanian ini, gerakan Urban Farming. Urban Farming ini bisa dilakukan dimana saja seperti di halaman rumah, balkon hingga atap rumah, bahkan di area perkantoran sekalipun. Karena dapat dilakukan pada area yang terbatas, Urban Farming ini biasanya dilakukan dengan metode hidroponik, vertikultur, akuaponik, dan wall gardening.

Cara bercocok tanam yang mudah ini, membuat gerakan ini menjadi gaya hidup yang cocok dan mudah dilakukan oleh siapapun. Selain mudah, urban farming juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti:

  1. Membantu masyarakat perkotaan mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap makanan segar
  2. Dengan menanam sendiri, seseorang dapat menghemat biaya pengeluaran atas kebutuhan pangannya
  3. Masyarakat memiliki kesadaran dan edukasi yang lebih terhadap lingkungan dan pertanian
  4. Menyediakan ruang terbuka hijau di area yang minim
  5. Menjadi ajang kolaborasi dan kerjasama antar warga dan memperkuat ikatan sosial dan mencapai kemandirian pangan

Dengan manfaat yang begitu banyak. Konsep pertanian perkotaan atau Urban Farming akhir-akhir ini menjadi soluis baru ditengah berkurangnya lahan terbuka di perkotaan. Dengan konsep pertanian mini, Astra Motor Bali melihat ini sebagai patut untuk masyarakat sekitar tahu dan terapkan. Sehingga, Astra Motor Bali melakukan pembinaan serta pendampingan metode penanaman Urban Farming ini kepada kader Posyandu.

Dengan konsep ini, masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang terbatas menjadi lebih produktif. Hal ini juga dilakukan oleh Astra Motor Bali sebagai wujud kepedulian kami dalam bidang lingkungan sosial #AMGreeners dan pengembangan masyarakat sekitar Astra Motor Bali. Selain itu juga, dengan adanya kegiatan pembinaan ini dapat memperkuat kolaborasi antar warga dan komunitas warga sekitar. Kegiatan yang dilaksanakan pada 13 Mei 2023 ini, berkolaborasi dengan kelompok pemuda petani dalam melakukan pembinaan dan pendampingan kepada kader posyandu dan pengurus banjar Margajati yang merupakan ring 1 dari lokasi Astra Motor Bali. Melalui program Sinergi Bagi Negeri dalam bentuk bantuan bibit serta pembinaan dan pendampingan ini, Astra Motor Bali berharap hal ini dapat bermanfaat bagi para kader posyandu untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dalam hal Urban Farming.