Indikator Aki Menyala, Langsung Ganti atau Bisa di Cas Dulu?

cookies
Kami menggunakan cookies untuk memberikan pengalaman yang terbaik untuk kamu
close

Indikator Aki Menyala, Langsung Ganti atau Bisa di Cas Dulu?

Indikator Aki Menyala, Langsung Ganti atau Bisa di Cas Dulu?

Ketika mendapati lampu indikator aki pada panel meter menyala, pemilik sepeda motor tak perlu panik. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian kelistrikan untuk memastikan sumber permasalahannya.

Ada dua kemungkinan penyebab indikator aki menyala, pertama adalah arus listrik yang tak stabil dan kedua kondisi aki mulai lemah. Arus listrik yang tidak stabil, bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti mesin motor dalam kondisi dingin, atau daya aki belum sepenuhnya terisi. Kendala ini bisa terjadi kapanpun, bahkan pada aki baru.

Sementara jika penyebabnya adalah kondisi aki yang sudah melemah, maka langkah yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan aki yang baru. 

Sebagian motor dilengkapi dengan speedometer digital yang dapat menampilkan informasi tegangan aki. Aki yang normal umumnya memiliki tegangan sekitar 12,3 volt sampai 12,6 volt saat mesin dalam keadaan mati. Sementara saat mesin dalam keadaan menyala, normalnya aki mempunyai tegangan sekitar 13,7 volt sampai 14,2 volt.

Tegangan aki yg berada di bawah 12,4 volt perlu di cas agar kembali normal diatas 12,4 volt. Tapi jika tegangannya di bawah angkat tersebut maka aki perlu segera diganti.

Berikut ini tanda aki perlu diganti: 

  1. Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda yang paling umum aki perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan. Terlebih setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Hal ini menunjukkan bahwa daya pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin.

  1. Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Tanda selanjutnya adalah ketika tombol elektrik starter ditekan tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa aki tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk menyalakan mesin.

  1. Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda lain bahwa aki perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Sebab aki yang lemah tak mampu menyuplai daya listrik sesuai kebutuhan untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

  1. Usia Pakai Aki Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Usia pakai juga jadi faktor penting yang harus diperhatikan. Umumnya, aki motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih, tergantung kualitas aki dan kondisi pemakaian. Seiring usia pakainya, daya aki akan melemah.

  1. Cahaya Lampu Motor Meredup

Perhatikan cahaya lampu utama sepeda motor. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

Untuk menjaga seluruh komponen sepeda motor tetap dalam kondisi prima, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel AHASS terdekat. Gunakan layanan kunjung AHASS dan booking service untuk layanan bebas antri.

 

sumber: https://www.astra-honda.com/article/indikator-aki-menyala-langsung-ganti-atau-bisa-di-cas-dulu